Serah Terima Bantuan 75 Huntap AHA Center Terpaksa Dilakukan Secara Online

Wali Kota Hidayat bersama staf mengikuti vodeo conference dengan AHA Center di Palu, Kamis (2/4/2020). (Foto: Humas Pemkot Palu.Yuspi)

PALU, beritapalu | Di sela-sela kesibukan menangani pandemi COVID-19, Wali Kota Palu Hidayat melayani pula rapat bersama Executive Director The ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster management (AHA Centre), Adelina Kamal melalui vedeo conference, Kamis (2/4/2020).

AHA Centre adalah sebuah organisasi inter-governmental yang bertujuan untuk memfasilitasi kerjasama dan koordinasi di antara negara-negara Anggota ASEAN dan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan international.

Dalam video conference tersebut dilakukan koordinasi tindak lanjut bantuan 75 unit hunian tetap (Huntap) bantuan AHA Center untuk penyintas bencana Palu di Kelurahan Tondo.

Baik Wali Kota Hidayat maupun Executif Director AHA Center Adelina Kamal bersepakat untuk melakukan serah terima Huntap secara online dengan pertimbangan pandemi COVID-19.

“Nanti kita adakan serah terima singkat  saja pak, dengan melakukan penandatanganan bersama antara Wali kota dengan AHA Center melalui Video Conference,” ujar Executive Director AHA Center, Ibu Adelina Kamal kepada Wali kota.

Menurut Adelina, AHA Center menyerahkan Huntap tersebut kepada Pemerintah Kota Palu untuk diteruskan kepada masyarakat dan seremoni peresmiannya bisa diundur sampai kondisi memungkinkan.

“Seremoni ramai-ramainya bisa kita laksanakan jika kondisi sudah memungkinkan. Supaya pihak negara lain bisa hadir,” lanjutnya.

Wali kota menyatakan akan mengambil langkah-langkah sematang mungkin agar masyarakat yang terdampak bencana bisa secepatnya menempati Huntap bantuan AHA Center tersebut.

“Dalam waktu dekat kami akan rapatkan. Harapan kami sebelum puasa mereka sudah tempati seperti arahan Presiden RI. Kalau memang kami sudah dipercayakan, kami mohon ijin kepada AHA Center supaya kami menyeleksi siapa-siapa yang akan menempati,” ungkapnya.

Menurut Wali kota, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak Kementerian PUPR RI yang membangun infrastruktur jalan, drainase, dan lainnya di lokasi pembangunan Huntap kelurahan Tondo.

“Setelah dokumen yang akan ditandatangani oleh pihak Pemerintah Kota Palu dan AHA Center sudah kelar, saya kira kita percepat penyerahannya meskipun secara online. Lebih bagus lagi sebelum puasa,” harap Wali kota.

Untuk diketahui, 75 unit Huntap bantuan AHA Center ini telah dibangun sejak Agustus 2019 lalu dan peletakan batu pertamanya dihadiri langsung oleh Executive Director AHA Center Adelina Kamal. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here