Pelaku Perampokan dan Pembunuhan di Jalan Sungai Lewara Palu Ditembak Mati

Kapolres Palu AKBP Moch Sholeh menunjukkan keris dan badik yang dugunakan pelaku merampok dan membunuh di Jalan Sungai Lewara Palu, Jumat (3/4/2020). (Foto: Humas Polres Palu)

PALU, beritapalu | Kepolisian Resor Palu bekerjasama dengan Jatanras Polda Sulteng meringkus empat pelaku pembunuhan dan perampokan masing-masing berinisial AD ( 48),  PD (23), HP ( 23), dan  EB (23). Salah seorang di antaranya ditembak mati karena melawan aparat.

Pembunuhan yang disertai perampokan itu terjadi pada Minggu (29/3/2020) sekitar pukul 17.00 Wita di Jalan Sungai Lewara Palu.

Kapolres Palu AKBP Moch Sholeh menguraikan kronologinya. Kata Kapolres, saat itu korban FH (15) berada di depan rumahnya sedang bermain Hp, kemudian pelaku masuk dan merampas Hp  milik korban.

Korban berusaha melawan untuk mempertahankan Hpnya, namun seketika itu juga pelaku mengeluarkan senjata tajam dan dan menusuk korban di bagian perut dan lengan kanan dan kiri.

Usai kejadian itu dilaporkan, tim yang dipimpin oleh Kapolres  Sholeh  mendatangi TKP dan langsung melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan di lapangan, pada Kamis (2/4/2020) tim mendapatkan informasi bahwa salah seorang pelaku bernama PD (23) sedang berada di Jln. Panglima Polem Palu.

Berbekal info tersebut, tim bergerak dan menangkap PD dan dari interogasi yang dilakukan mengakui telah melakukan pencurian dengan kekerasan bersama HP dan ADI. PD juga menunjukkan alamat rekannya di Jln. Samratulangi Kota Palu.

Tim bergerak lagi ke tempat yang dimaksud dan meringkus EB. Dua pelaku lainnya yang disebut yakni AD dan HP saat itu tidak berada di tempat tersebut dan diperoleh informasi jika keduanya lari keluar kota dan sedang berada Sulbar.

Beberapa saat kemudian, Polres Pasang Kayu  menyampaikan bahwa mobil yang dikendarai pelaku ADI dan EB diamankan di perbatasan Sulteng-Sulbar, namun pelaku AD melarikan diri.

Tim bergerak ke Pasangkayu dan pada pukul 18.00 Wita diperoleh info bahwa pelaku AD sedang berada di rumah warga tepatnya di Desa Watatu, Kecamatan Banawa Kab. Donggala. Langsung saja tim bergerak ke tempat tersebut dan mendapatkan AD.

AD tak diam, ia melawan dan mencoba merampas senpi milik anggota tim. Tanpa ba-bi-bu lagi, anggota tim melumpuhkan pelaku dengan menembak bagian dada dua kali, AD pun langsung tersungkur dan meninggal dunia dan dibawa ke RS Bhayangkara Palu.

Sekitar pukul 20.15 wita, tim kembali mendapat informasi bahwa pelaku lainnya berinisial HP sedang berada di Jln. Ahmad Yani Kota. Palu. Betul, HP ada d tempat itu dan langsung digelandang ke Mako Polres Palu untuk dilakukan pemeriksaan.

Hingga berita ini diturunkan, pelaku AD yang tewas diterjang timah masih berada di kamar jenazah RS Bhayangkara Palu.

Kapolres Palu menyebutkan, pasal yang disangkakan untuk pelaku adala Pasal 365 ayat 2 dengan ancaman 15 tahun penjara.

Kapolres Sholeh menambahkan, pelaku adalah residivis sadis yang tidak segan-segan melukai korbanya. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here