Sesar Palukoro Bergerak, Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Kabupaten Sigi

Warga Desa Lawua, Kecamatan Kulawi, Kabuoaten Sigi berada di luar rumah usai diguncang gempa berkekuatan 5,8 SR, Sabtu (28/3/2020). (Foto: Joshua Marunduh)

PALU, beritapalu | Gempa bermagnitudo 5,8 mengguncang wilayah Kabupaten Sigi dan sekitarnya pada Sabtu (28/3/2020) sekitar pukul 23.43 Wita.

Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Palu menyebutkan, gempa tersebut berpusat di di koordinat 1.72 LS dan 120.14 BT, atau di darat pada jarak 76 km arah Selatan Kota Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi dengan kedalaman 10 Km.

”Gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktifitas sesar Palukoro. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan strike slip atau mendatar,” jelas BMKG dalam rilisnya, Sabtu (28/3/2020) menjelang dini hari.

Gempa yang juga dirasakan di Kota Palu itu membuat warga berhamburan keluar rumah. Tak terkecuali di Kota Palu, warga pun berlarian ke luar rumah untuk menghindari kemungkinan ambruknya bangunan rumah.

“Sangat keras terasa goyangannya,” ungkap Eni, warga Kelurahan Palupi, Palu.

Dari Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, seorang warga bernama Ricky Aditya mengunggah di laman medsos sebuah gambar yang menunukkan kerusakan yang terjadi pada sebuah rumah di Kulawi. Meskipun demikian, gambar yang diunggah tersebut belum terverifikasi. Pejabat setempat yang dihubungi belum memberikan konfirmasi.

“Kini warga masih berada di luar rumah karena gempa susulan masih terus terjadi,” ungkap Josua, yang mengaku telah menghubungi kerabatnya di wilayah Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi.

BMKG juga mencatat, dari gempa awal itu, setidaknya terjadi lima kali gempa susulan dengan magnitudo yang kian melemah.

“Keluar rumah kita takut virus Corona, tapi kalau gempa begini, mau tidak mau kita harus keluar juga,” ungkap Eni lagi. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here