SMKN 5 Palu Bantu Produksi APD Untuk Tenaga Medis Rumah Sakit

Seorang guru mencoba pakaian APD yang baru saja seelsai dijahit di SMKN 5 Palu, Senin (23/3/2020). APD tersebut diproduksi untuk memenuhi kebutuhan Rumah Sakit Undata yang kekurangan APD bagi tenaga medis yang menangan COVID-19. (Foto: bmzImages/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu – Kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) di rumah sakit rujukan COVID-19 di Sulteng akan segera teratasi dengan turut sertanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Palu untuk membantu menjahitnya.

Seperti yang dilakukan di SMKN 5 Palu, sejumlah guru-guru terlihat sedang menjahit pakaian khusus untuk tenaga medis di rumah sakit. Sedikitnya 200 pakaian APD akan dibuat di sekolah ini untuk memenuhi permintaan Rumah Sakit Undata Palu yang juga kekurangan APD tersebut.

“Pembuatan APD tersebut kami bekerjasama dengan RSUD Undata Palu untuk kebutuhan para petugas medis di rumah sakit tersebut,” kata Ketua Unit Produksi SMKN 5 Palu, Raja Patta, Senin  23/3/2020).

Raja Patta mengemukakan, waktu yang diberikan oleh RSU Undata untuk membuat APD ini selama dua pekan. Saat ini memasuki pekan kedua dan telah diproduksi 100 APD dan bahkan sudah diserahkan kepada pihak rumah sakit untuk digunakan oleh tenaga medisnya.

Ia mengatakan, penjahitan APD tersebut terpaksa melibatkan guru-guru pengajar di sekolah itu, karena untuk melibatkan murid sudah sulit mengingat dalam suasan diliburkan dan juga dalam pengawasan di rumah.

Soal bahan untuk pembuatan APD tersebut, Raja mengemukakan, bahan tersebut digunakan sesuai standar pihak rumah sakit, yang terdiri dari baju kurung, topi, dan masker.  (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here