Pemprov Sulteng Siapkan 667 Tempat Tidur Cadangan Untuk COVID-19

Gubernru Sulteng Longki Djanggola (tengah) bersama paramedis di RS Undata Palu, Senin (23/3/2020). (Foto: Humas Pemprov Sulteng/Ismail Salahuddin)

PALU, beritapalu | Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menyediakan sedikitnya 667 tempat tidur cadangan untuk penanganan  pasien COVID-19 yang ada di Kota Palu.

Jumlah sebanyak itu tidak termasuk tempat tidur yang ada di dua rumah sakit rujukan di Palu, yakni 12 tempat tidur di RSU Undata dan 12 di RSUD Anutapura.

Gubernur dalam keterangan persnya telah meminta Kepala BPSDM untuk menyiapkan ruangan di gedung Diklat Provinsi sebagai kamar penanganan COVID-19 bila kamar di rumah sakit rujukan tidak mampu menampung pasien yang ada.

Pemprov Sulteng juga menyiapkan ruangan gedung LPMP, Bapelkes dan Asrama Haji sebagai cadangan kamar untuk menunjang penanganan COVID-19.

Soal kekurangan APD (Alat Pelindung Diri) yang dibutuhkan para tenaga medis, maka saat ini juga telah dilakukan produks dengan melibatkan sekolah menengah kejuruan di Palu sebanyak 500 APD.

Untuk tahap awal, kata Gubernur, akan dibuat sebanyak 500 APD untuk para tenaga medis, yang dalam pembuatannya bekerjasama dengan SMKN 1 dan SMKN 5.

Terkait antisipasi kekurangan tenaga medis, Pemprov Sulteng juga telah meminta Dinas Kesehatan untuk merekrut relawan dan saat ini sudah tercatat 48 orang yang telah mendaftar dan bersedia menjadi relawan dalam pencegahan dan antisipasi COVID-19 di Sulteng.

Dalam kesempatan mengunjungi rumah sakit Undata Palu, Gubernur Sulteng Longki Djanggola menyemangati tenaga medis  untuk tetap bekerja melayani masyarakat dan menyerahkan bantuan suplemen berupa makanan, susu, dan vitamin kepada para tenaga medis.

Bahkan kepada petugas kesehatan yang menangani corona, Gubernur memastikan ada insentif khusus yang akan diterima.

“Saya harap kalian betul-betul jadi ujung tombak pelayanan terhadap kesembuhan pasien. Mari kita sama-sama punya itikad memerangi COVID-19,,” kata Gubernur Longki Djanggola. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here