Pandemi COVID-19, Pelaksanaan Muktamar XI Alkhairaat Ditunda

Source: Panitia Muktamar Besar XI Alkhairaat

PALU, beritapalu | Muktamar XI Alkhairaat 2020 yang dijadwalkan pada 14-17 April 2020 terpaksa ditunda pelaksanaannya karena terkait dengan virus corona yang kian masif mewabah di sejumlah wilayah.

Sekretaris Panitia Muktamar XI Alkhairaat 2020 Sofyan Bachmid yang dihubungi menjelaskan, penundaan itu dilakukan setelah Pengurus Besar (PB) Alkhairaat menggelar rapat yang dipimpin oleh Ketua Umum Habib Muhamad Aljufrie dan Sekjen Ridwan Yalijama di Kantor PB Alkhairaat Palu, Kamis (19/3/2020).

Rapat itu juga dihadiri Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu dr Amran, Drg Lutfia Sahbudhin mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, seorang dokter dari RS Alkhairaat Palu dan beberapa lembaga terkait.

“Dari penjelasan yang dikemukakan dalam rapat itu termassuk imbauan baik dari Presiden RI, Gubernur Sulteng, dan Bupati Sigi, maka Pengurus Besar Alkhairaat dalam hal ini Habib Ali Aljufrie mengambil kesimpulan untuk menunda muktamar,” jelas Sofyan Bachmid.

Penundaan Muktamar XI Alkhairaat itu juga merujuk dari pernyataan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah menetapkan COVID-19 sebagai bencana nasional non alam hingga Mei 2020.

“Berarti pelaksanaan muktamar bisa jadi setelah lebaran Idul Fitri, entah bersamaan haul (Guru Tua) atau setelah itu. Yang jelas PB Alkhairaat merujuk pada imbauan pemerintah untuk kemaslahatan ummat, itu yang diutamakan,” tegas Sofyan.

Rencananya, hasil rapat ini akan dilaporkan kepada Ketua Utama Alkhairaat Habib Sayyid Saggaf Aljufrie pada hari Sabtu (21/3/2020) oleh ketua PB Alkhairaat, Sekjen dan ketua panitia Muktamar.

Selanjutnya, pihak PB Alkhairaat dan Panitia Pelaksana Muktamar akan menunggu keputusan dari Habib Sayyid Saggaf Aljufrie perihal waktu pelaksanaan yang kemudian akan menjadi bahan bagi pengurus PB Alkhiraat dan panitia Muktamar untuk menyurat kepada Presiden RI melalui Mensesneg Pratikno.

“Soal lokasi masih tentatif, bisa di Dolo, Kabupaten Sigi, bisa juga di komplek Alkhairaat Pusat di Jalan SIS Aljufri Palu,” sebut Sofyan. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here