Home Peristiwa Berita Utama Dua Anggota MIT Poso Serahkan Diri

Dua Anggota MIT Poso Serahkan Diri

Petugas menunjukkan gambar dua Daftar Pencarian Orang (DPO) yang menyerahkan diri di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (20/3/2020). bmzIMAGES/Basri Marzuki

PALU, beritapalu | Dua orang anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso menyerahkan diri kepada aparat keamanan yang tergabung dalam Operasi Keamanan Tinombala. Kedua orang itu masing-masing berinisial FN dan UD.

“Keduanya menyerahkan diri pada 16 dan 17 Maret karena tidak kuat, sebab kita mengepung,” ungkap Kapolda Sulteng Irjen Pol Syafril Nursal sesaat setelah turun dari helikopter yang mengangkutnya dari Poso di Bandara Mutiara Sis Aljufri, Palu, Jumat (20/3/2020).

Kapolda Syafril mengungkapkan, sebelumnya ada 10 orang dinyatakan Daftar Pencarian Orang (DPO), namun belakangan jumlahnya bertambah setelah masuknya delapan orang baru lagi, sehingga berjumlah 18 orang.

“Kita sayangkan anak-anak muda seperti ini, sudah bergabung dengan kelompok yang sesat dan mendapatkan doktrin-doktrin yang salah,” ujar Kapolda Syafril.

Kapolda mengurai peran kedua DPO yang menyerahkan diri itu, FN disebut sebagai tukang antar orang-orang yang akan bergabung dengan kelompok itu ke atas gunung. Begitu juga dengan UD berperan sebagai penghubung dan penyuplai logistik serta merekrut orang-orang baru untuk bergabung.

“Sekarang yang ada di atas gunung itu berdasarkan analisa dan data-data yang kita miliki ada sekitar 16 orang,” beber Kapolda Syafril.

Ia mengimbau warga yang berada di kaki gunung untuk tidak terpengaruh dengan ajaran dan doktrin yang tidak benar dari mkelompok itu karena akan merugikan orang banyak. (afd)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version