Dua Pasien Dalam Pengawasan di RS Undata Tunggu Hasil Laboratorium

Dari kiri ke kanan: Ketua Tim Penanganan COVID-19 dr. Eva Yunita, Direktur RSUD Undata dr Komang Adi Sujendra, Wadir RSUD Undata dr. Amsyar Praja pada koneferensi pers di RSUD Undata Palu, Minggu (15/3/2020). (Foto: Basri Marzuki/bmzIMAGES)

PALU, beritapalu | Dua pasien perempuan yang saat ini berada dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu menunggu hasil laboratorium yang dikirim ke Jakarta.

Direktur RSUD Undata dr Komang Adi Sujendra di depan sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya tidak bisa menetapkan status kedua pasien itu apakah terjangkit VICOD-19 atau tidak sebelum hasil laboratorium yang dimaksud keluar.

“Sampel dua pasien di kirim ke Laboratorium di Jakarta. Menunggu hasil itu, baru bisa kita nyatakan pasien itu COOVID-19 atau tidak,” kata dr Komang Adhi Sujendra didampingi Wakil Direktur Bidang Pelayanan dr Amsyar Praja dan dr Eva Yunita di RSUD Undata, Minggu (15/3/2020).

Kedua pasien PDP itu adalah wanita berusia 62 tahun dan 16 tahun. Keduanya masuk ke RSUD Undata hampir bersamaan dan langsung dibawa ke ruangan isolasi sesuai protokol Kemnterian kesehatan dan dirawat secara terpisah.

Sementara itu, Ketua Tim Penanganan COVID-19 RUSD Undata yang juga dokter Spesialis Penyakit Ahli Dalam, dr Eva Yunita mengungkapkan, pemeriksaan konfirmasi COVID-19 yang akan dikirim ke Jakarta.

“Kami sudah menghubungi Dinas Kesehatan dan berkordinasi dengan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk pengambilan sampel, rencananya sampel akan diambil hari ini,” ujarnya.

Sampel itu akan dikirim hari itu juga dan diperkirakan besok sudah sampai dan sudah masuk di laboratorium kesehatan untuk diperiksa.

“Karena kami baru pertamakali mengirimkan sampel, jadi kami belum bisa memberikan jawaban kapan kira-kira sampel sudah ada hasilnya. Tapi janji dari laboratorium kesehatan secepatnya,” sebutnya. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here