PII Sulteng akan Gelar Rakerwil dan Seminar Nasional

Pelantikan PII Wilayah Sulteng dan PII cabang se-Sulteng, IT Centre UNTAD, 23 Oktober 2019 lalu. (Foto: PII Sulteng)

PALU, beritapalu | Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Sulawesi Tengah akan menggelar rapat kerja wilayah (Rakerwil) dan Seminar Nasional Keinsinyuran pada 19 Maret 2020 mendatang.

Ketua Panitia yang dipecayakan kepada Arwan ibrahim menyatakan, kegiatan itu diperkurakan akan dihadiri 300 peserta di salah satu hotel di Palu.

“Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan sebelumnya dimana PII Wilayah Sulteng dan PII Cabang (Kota dan Kabupaten) se-Sulteng telah melaksanakan pelantikan dan seminar pada 23 Oktober 2019 lalu di IT Centre UNTAD Palu,” ujar Arwan.

Arwan menjelaskan, dalam rangkaian kegiatan itu akan dilaksanakan pula Seminar Nasional Keinsinyuran yang akan menghadirkan Ketua Umum PII Pusat, Dirjen Dikti, Rektor Untad, dan Kepala BPST (KEK Palu). Dijadwalkan, kegiatan tersebut akan dibuka oleh Gubernur Sulawesi Tengah.

Terkait materi Rakerwil dan Seminar Nasional, Arwan mengatakan, materi yang akan dipresentasikan banyak membicarakan regulasi tentang Keinsinyuran di Indonesia khususnya UU NO. 11/2014 dan PP No. 25/2019 , pelaksanaan Program Profesi Insinyur di Perguruan Tinggi serta sumbangsih Insinyur bagi pembangunan di Sulawesi Tengah.

“Kesemua draft materi sudah rampung disusun oleh pihak Steering Committee (Panitia Pengarah),” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PII Cabang Kota Pali Andi Kaimuddin mengatakan, wilayaj Kota Palu ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan kegiatan.  Sebelumnya latanya memang sempat dibicarakan bahwa ada tempat lain (Kabupaten) yang digadang-gadang menjadi tempat pelaksanaan, namun dengan berbagai pertimbangan akhirnya Kota Palu yang ditetapkan sebagai tempat pelaksanaan Rakerwil dan seminar tersebut.

“{ada intinya kegiatan tersebut telah siap dilaksanakan, tinggal merampungkan beberapa hal-hal terkait teknis kegiatan,” ujar Andi Kaimuddin.

PII adalah organisasi wadah berhimpun Insinyur yang melaksanakan penyelenggaraan praktik Keinsinyuran di Indonesia. Keinsinyuran adalah kegiatan teknik dengan menggunakan kepakaran dan keahlian berdasarkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna secara berkelanjutan dengan memperhatikan keselamatan, kesehatan, kemaslahatan, serta kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan.  (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here