Temukan Pungutan Liar, Lapor ke 085345995167

Ketua Tim Satgas Saber Pungli UPP Sulteng Kombes Pol Ai Afriandi berbincang dengan warga saat melakukan sidak di salah satu lembaga pelayanan publik di Palu, Senin (17/2/2020). (Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, beritapalu | Jika mendapatkan oknum petugas pelayanan publik yang melakukan pungutan liar atau pungli, jangan segan-segan melaporkannya melalui call centre di nomor 085345995167.

Demikian ditegaskan Ketua Satgas Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Provinsi Sulawesi Tengah, Kombes Pol Ai Afriandi di sela-sela inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah lembaga pelayan publik di Palu, Senin (17/2/2020).

“Pelapor dijamin kerahasiannya, tidak menjadi pelaku yang memberikan pungli, karena baik pemberi maupun penerima masing-masing akan dikenakan sanksi hukum,” kata Ai Afriandi.

Pada Sidak itu, sedikitnya enam ruang pelayanan publik yang didatangi Tim Satgas Saber Pungli Sulteng yang terdiri dari unsur Kepolisian, Kejaksaan dan Ombudsman Perwakilan Sulteng itu, yakni kantor Samsat Palu, Badan Pertanahan  Kota Palu, Dinas Dukcapil Kota Palu, Pelayanan Kendaraan Sim Keliling, Pelayanan SKCK di Polres Palu dan Dinas Perizinan Kota Palu.

Tujuan sidak ini menurut Ai Afriandi adalah untuk menunjukkan bahwa Satgas Saber Pungli khususnya UPP Sulteng senantiasa bekerja dan memantau tempat-tempat pelayanan publik agar terbebas dari pungli.

“Selain itu, untuk mengetahui kondisi rill pada tempat-tempat pelayanan dan sebagai upaya pencegahan terjadinya  praktik Pungli,” jelas Ai Afriandi yang juga Irwasda Polda Sulteng ini. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here