Ketua Adat Batui menyematkan pakaian adat batui kepada Rusdy mastura di Batui, Banggai, Senin (3/2/2020). (Foto: Ala)

BANGGAI, beritapalu | Calon Gubernur Sulawesi Tengah dari Partai Nasdem Rusdy Mastura menjadi bagian dari masyarakat adat Batui setelah mengikuti prosesi penerimaan pada kunjungannya, Senin (3/2/2020).

Penerimaan itu ditandai dengan penyematan baju adat oleh Ketua Adat Batui atau Bosanyo Batui, Talib Agama didampingi Bosanyo Langkoyang, sebutan untuk Ketua Adat Perempuan, Jaenabu B Salam.

Sebelum penyematan pakaian adat, Rusdy Mastura melakukan prosesi pelamaran yang ditandai pemberian pangan kepada Bosanyo Langkoyang sebagai maharnya.

“Mohon diterima pangan ini sebagai mahar dari saya. Mohon diterima saya sebagai keluarga. Saya juga mohon doa restu dan dukungan. Saya ingin ke depan ada keseimbangan pembangunan di daerah ini. Karena itu saya memilih Ma’mun Amir sebagai Wakil saya maju pada pemilihan Gubernur mendatang,” sebut Rusdy Mastura dalam proses pelamaran itu.

Kepada Rusdy Mastura, Bosanyo meminta untuk memberi perhatian kepada masyarakat Kabupaten Banggai khususnya di Batui jika kelak terpilih sebagai Gubernur Sulawesi Tengah.

“Banyak situs peninggalan orang tua kami yang tidak terawat lagi. Padahal, jika itu dirawat bisa menjadi obyek wisata budaya daerah ini,” ungkap Bosanyo Batui.

Suasana menjadi hangat dan akrab, dengan suguhan teh hangat dari Bosanyo Langkoyang hingga Rusdy Mastura dan rombongan meninggalkan Batui menuju Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai. (ala/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *