Siapa Berani? Sayembara Melepaskan Ban Bekas di Leher Buaya

Buaya liar yang terjerat ban motor bekas pada pemunculannya di sungai Palu, Rabu (15/1/2020). Ukuran tubuh yang kian besar dan panjang membuat ban itu makin mencekiknya. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Anda cukup bernyali dan mau mendapatkan hadiah? Kalau iya, Anda boleh mencoba mengikuti sayembara melepas ban bekas yang melingkar di leher buaya liar di Sungai Palu.

Hadiah itu dipersembahkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Sulawesi Tengah.

“Sayembara ini dimaksudkan untuk mengeluarkan ban bekas yang terlilit di leher buaya,” kata Kepala BKSDA Sulawesi Tengah, Hasmuni Hasmar, Selasa (28/1/2020).

Sayangnya, besaran hadiah itu tidak disebutkan oleh Hasmar.

BKSDA menggelar sayembara itu karena mengaku tidak memiliki cukup personel untuk bisa menemukan buaya berkalung ban itu di sepanjang aliran sungai hingga teluk.

Ia menyebutkan, beberapa waktu lalu, sejumlah pemerhati satwa liar sudah turun tangan untuk membantu menolong buaya berkalung ban itu, tak terkecuali Panji Sang Petualang. Namun usaha itu gagal.

Pada kesempatan lain, sebuah lembaga asing juga berusaha menyelamatkan buaya itu dari jeratan ban bekas di leher. Tapi sekali lagi tak berhasil.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengintruksikan kepada BKSDA agar setidaknya pada 2020 ini juga, buaya liar berkalung ban itu dapat ditangkap dan melepaskan ban bekas yang melingkar di lehernya. (afd)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here