Selami Nasib Korban Bencana, Culture Project akan Rilis Lagunya di Huntara

PALU, beritapalu | “Selagi kita mau, tidak ada yang bisa membatasi kita untuk berkarya. Selagi kita mau, tidak ada yang bisa melarang mengekpresikan kegelisahan kita.”

Begitu sepenggal pernyataan koordinator grup band tradisi di Palu, Culture Project, Umaryadi Tangkilisan menanggapi rencana peluncuran lagu barunya bertajuk “Darurat”.

Ya, pada Jumat (31/1/2020) besok sore, Culture Project kembali merilis lagu barunya tersebut di Hunian Sementara (huntara) Huntara Lapangan Golf, Kota Palu.

Sebelumnya pada akhir tahun lalu, Culture Project juga sudah merilis single terbarunya berjudul Paludilupa yang diapresiasi banyak pihak.

“Huntara yang kini ditinggali para korban bencana, identik dengan situasi kedaruratan. Ini senafas dengan tema lagu ini, darurat!” jelas pria yang akrab disapa Adi ini.

Ia mencoba menyelami nasib para korban bencana triple disaster yang melanda Palu, Sigi, dan Donggala pada 28 September 2018 lalu. Menjelang satu setengah tahun berlalunya bencana itu, nasib para korban masih kurang jelas.

Sebagian sudah menghuni huntara-huntara baik yang dibangun pemerintah maupun lembaga kemanusiaan lainnya. Tapi tak sedikit juga di antara mereka masih terlihat di tenda-tenda darurat yang sudah compang-camping terdera panas dan hujan.

“Sudah terlalu lama mereka menunggu, saya tidak tahu lagi sampai dimana daya tahan mereka dalam ketidakpastian itu. Miris sangat..” ujar Adi serius.

Ia mengatakan, lagu “Darurat” tidak jauh dari perasaan itu. Mencoba mengangkat rasa yang dialami orang-orang yang juga adalah bagain dari rakyat Palu, rakyat Indonesia.

Pada rilis lagu yang dikemas dengan nama Musiktigasi itu, beberapa rangkaian acara sudah diagendakan seperti bicara-bicara baku lia alias bincang-bincang yang mengahadirkan psikolog asal Palu M Basir dan musisi rock Takim, juga Arul & Jho, Achi The Box, dan Carrabean Bunglon.

Selain itu, perwakilan penyintas juga akan berbicara tentang kondisi kekinian yang dialami dan harapann-harapannya. (afd)

Berikut lagunya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here