Semarak Perayaan Imlek di Vihara Eka Dharma Manggala Palu

Chinese descendants wearing traditional clothing when sharing ang pao after praying to welcome the Chinese New Year at the Eka Dharma Manggala Temple in Palu, Central Sulawesi, Indonesia on January 24, 2020. Prayers are performed to welcome the Chinese Lunar New Year 2571/2020 and ask for blessings, safety and protection from the Yang Almighty. The lion dance attraction was also held as a symbol of good luck and blessings. (Photo by bmzIMAGES/Bari Marzuki)

PALU, beritapalu | Menyambut hari  raya Imlek atau tahun baru bagi warga keturunan Tionghoa 2571/2020 dilaksanakan acara persembahyangan di sejumlah vihara dan klenteng di Palu, sSalah satunya di VIhara Eka Dharma Manggala Palu.

Puluhan warga etnis Tionghoa yang bermukim di Palu mendatangi vihara yang terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh sejak pukul 22.00 Wita. Puncak acara persembahyangan dilaksanakan pada pukul 23.30 Wita atau menjelang detik-detik pergantian tahun.

Sejumlah Pandita memimpin acara sembahyang itu diiringi dengan lantunan pujian dalam bahasa Tionghoa. Aneka persembahan berupa buah-buahan dan makanan juga disajikan.

“Tahun baru kali ini tidak seramai sebelumnya karena banyak yang pergi ke Tiongkok untuk merayakannya,” ujar salah seorang warga.

Meski begitu, perayaan Imlek di vihara itu ini tetap berlangsung semarak.

Usai sembahyang, warga dihibur dengan atraksi barongsai. Khususnya anak-anak yang juga banyak datang tergelak dengan aksi barongsai yang kerap bertingkah lucu.

Sejumlah warga kemudian memetik pohon harapan yang sudah disiapkan di sudut ruang persembahnyagan. Pohon itu berisi harapan-harapan yang akan digapai pada tahun baru 2571 ini.

Tak ketinggalan bagi-bagi ang pao yangsudah menjadi tradisi di kalangan etnis Tionghoa pada setiap Imlek.

Gong Xi Fat Chai. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here