Home Indeks Gubernur Harap Bank Sulteng Tingkatkan Kredit Ke Segmen Produktif

Gubernur Harap Bank Sulteng Tingkatkan Kredit Ke Segmen Produktif

Gubernur Sulteng Longki Djanggola (kedua kiri) didampingi Direktur Utama Bank Sulteng Rahmat Abdul Haris (kiri) menyerahkan kunci mobil kepada pemenang undian Semarak Simpeda Bank Sulteng di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (25/1/2020) malam. Bank yang seluruh sahamnya dimiliki oleh pemerintah daerah se Sulteng itu terus mengembangan diri dan meskipun sempat mengalami kendala operasional akibat bencana tahun lalu, namun kinerja keuangannya dalam penilaian OJK cukup tumbuh signifikan setahun terakhir. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | Gubernur Sulteng Longki Djanggola berharap kepada Bank Sulteng agar meningkatkan penyaluran kreditnya pada segmen produktif.

Harapan itu disampaikan Gubernur Longki saat menghadiri penarikan undian semarak Simpeda 1,7 miliar di Gedung Jodjokodi Convension Center (JCC) Palu, Sabtu (25/1/2020) malam.

Gubernur mengaku bersyukur atas kinerja para Direktur, Direksi serta komisaris PT Bank Sulteng yang telah mengawal  bank itu menjadi lebih baik. Walau begitu, ke depannya diharap juga makin meningkat etos  kerja,    inovasi dalam produk dan layanan yang prima ke nasabah.

“Terpenting adalah meningkatkan dana-dana kredit ke segmen yang produktif, khususnya dalam  memberdayakan   pelaku  usaha  kecil  dan  menengah   di daerah,  dan  tidak   melulu  diarahkan ke segmen-segmen yang konsumtif  saja, sehingga Bank Sulteng akan lebih berperan signifikan dalam menggerakkan ekonomi rakyat sekaligus memeratakan pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Gubernur Longki.

Gubernur juga menyatakan apresiasinya karena Bank Sulteng memberikan perhatian kepada nasabahnya melalui  penarikan  undian  Ssimpeda ini. Diharapkan, bukan  hanya  sekedar  merebut  hadiah  semata,  tetapi juga akan lebih menjalin hubungan yang baik antara  Bank Sulteng dengan nasabah.

Direktur Utama PT Bank Sulteng Rahmat Abd Haris dalam laporannya memaparkan berbagai prestasi dan kinerja keuangan perusahaan. Disebutkan, aset bank sulteng pada tahun 2019 telah mengalami pertumbuhan sebesar Rp1,6 triliun dari Rp trilin di 2018 menjadi Rp7,6 triliun pada 2019.

“Alhamdulilah pascabencana musibah yang melanda Padagimo dua tahun silam  Bank Sulteng bisa dijaga dengan baik sehingga tetap bertumbuh,” sebut Rahamt.

Terkait undian Semarak Simpeda dan Tabungan PNS, Rahmat menyebutkan, undian senilai Rp1,7 miliar tersebut merupakan wujud syukur karena pada tahun 2019 saldo Bank Sulteng yang terbukukan sebesar  Rp1,2 Triliun.

Dalam penarikan undian itu, hadiah utama Tabungan PNS berupa 1 Unit Mobil Honda Mobilio  diraih oleh Aswin Saudo, ASN Pemprov Sulteng  yang juga nasabah Kantor Cabang Utama Bank Sulteng. Sedangkan hadiah utama Tabungan Simpeda 1 Unit Mobil Mitsubishi Expander adalah Nimah, nasabah Kantor Cabang Palu Barat.

Selain hadiah utama tersebut, sejumlah ahdiah lainnya juga diperebutkan yakni 1 Unit Motor Honda PCX 150 cc, 10 Paket Perjalanan ibadah, 27 Unit Honda New Scoopy ,dan haidah lainnya.

Kepala OJK Perwakilan Sulteng Gamal Abdul Kahar yang juga menyampikan sambutan sebelum penarikan undian menyebutkan, ekonomi Sulawesi Tengah semerter 1 2019 tumbuh sebesar 6,62 persen. Pertumbuhan itu didukung oleh kredit perbankan yang tumbuh positif 6,88 persen  atau 29,63 persen pada Desember 2019.

Kredit yang diberikan kepada UMKM pada Desember 2019 juga mengalami peningkatan sebesar 7,44 persen atau sebesar Rp9,69 triliun.

“Data-data ini menunjukkan bahwa Sulawesi Tengah mulai bangkit pascabencana alam,” kata Gamal. (afd)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version