Seluruh Penumpang KM Risvin Pratama Ditemukan Selamat

Para penumpang KM Risvin Pratama yang tenggelam saat ditemukan di tengah laut oleh Tim SAR, Selasa (21/1/2020). (Foto: Humas Basarnas Palu)

BANGGAI, beritapalu | Seluruh penumpang KM Risvin Pratama yang tenggelam di perairan Banggai Laut pada Selasa (21/1/2020) siang berhasil ditemukan dan diselamatkan tim rescue.

Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu, Basrano mengungkapkan, evakuasi seluruh penumpang tersebut dilakukan sekitar pukul 17.05 Wita.

Semula dilaporkan, jumlah penumpang dalam kapal bermuatan kopra tersebut sebanyak 9 orang. Namun setelah dilakukan evakuasi, jumlah seluruhnya sebanyak 14 orang terdiri dari 1 anak, 2 perempuan, dan 11 laki-laki termasuk Aanak Buah Kapal (ABK).

Identitas para penumpang tersebut masing-masing; ABK : La Bara Mudin, Dayani  Laode, La Duma, La Ambu alias Amrizal, Madulani, Iksan mayu, Arman, dan Asran. Sedangkan enam penumpang lainnya masing-masing Adiman Lumbesy, Satria, Harianto, Aswad Lumbesy (anak), Wan Yuli, dan Nur Yati.

Dari keterangan salah seorang penumpang, tenggelamnya kapal tersebut disebabkan karena ombak yang cukup tinggi disertai angin kencang.

“Satu lembar papan kapal terbuka sehingga air masuk,” ungkap Basrano.

Seluruh penumpang tersebut dievakuasi ke Desa Matanga, Kecamatan Banggai Selatan, Kabupaten Bangai Laut. Satu orang di antaranya dibawa ke rumah sakit Banggai karena mengalami luka robek pada kaki sebelah kanan.

Diberitakan sebelumnya, KM Risvin Pratama yang berlayar dari Pelabuhan Lede, Kabupaten Taliabu, Maluku Utara menuju Pelabuhan Luwuk, Kabupaten Banggai tenggelam di sekitar antara Pulau Sagu mendekati wilayah Matanga, arah Utara Pulau Bokan, Kabupaten Banggai Laut, Selasa (21/1/2020) siang.

Mendengar laporan kecelakaan pelayaran itu, tim rescue dari Pos SAR Luwuk bersama beberapa personelnya langsung menuju lokasi menggunakan KN SAR Bhisma. Sekitar pukul 16.45 Wita, tim menemukan korban dan langsung menyelamatkan dan mengevakuasinya. (afd)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here