Patah Kemudi, Basarnas Evakuasi Dua Awak Kapal Sinar Galesong

Tim SAR mengevakuasi awak kapal SInar Galesong yang patah kemudi di perairan Telk Teku, Banggai, Sulteng, Minggu (19/1/2020). (Foto: Humas Basarnas Palu)

BANGGAI, beritapalu | Basarnas Pos SAR Luwuk mengevakuasi dua awak kapal Sinar Galesong yang patah kemudi di Perairan Teluk Teku, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu (19/1/2020).

Kedua awak kapal bertonase 8 gross ton (GT) itu masing-masing Hardi (60 tahun) dan Iki (20 tahun).

Kepala Basarnas Palu, Basrano mengatakan, insiden patah kemudi yang dialami kapal Sinar Galesong itu terjadi Minggu (19/1/2020) pagi sekitar pukul 05.50 Wita dan laporannya ke Basarnas baru diterima sekitar pukul 10.47 Wita.

Usai memverifikasi laporan itu, sebuah tim rescue dari Pos SAR Luwuk langsung diberangkatkan ke koordinat yang dilaporkan, yaitu di sekitar perairan Teluk Teku, Banggai.

Tim evakuasi itu berjumlah 15 orang termasuk seorang di antaranya dari kesatuan TNI AL.  Tim ini menggunakan KN SAR Bhisma dan didukung dengan sejumlah perlengkapan opersai SAR.

Sekitar pukul 16.50 Wita, KN SAR BHisma berhasil mendekati kapal Sinar Galesong yang telah bergeser sekitar empat mil dari lokasi awalnya. Tim kemudian mengevakuasi kedua awak kapal tersebut ke Pulau Dua dalam keadaan selamat.

“Alhamdulillah, kedua awak selamat dan begitu juga kapalnya aman,” ujar Basrano.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here