Satu Meninggal, Ratusan Warga Desa Anca Terserang Diare

Ilustrasi penderita diare yang dirawat di RS Anutapura, Palu Sulawesi Tengah, Selasa (9/3/2010). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

SIGI, beritapalu | Satu orang dilaporkan meninggal dan ratusan orang lainnya terpaksa dirawat akibat terseranga diare di Desa Anca, Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Senin (13/1/2020).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sigi Roland Franklin yang dikonfirmasi pada Selasa (14/1/2020) membenarkan hal itu.

Ia menyebutkan, wabah diare itu bermula pada Minggu (12/1/2020)  malam yang ditandai dengan kunjungan pasien dengan keluhan Buang Air Besar (BAB) disertai mual dan muntah.

Diungkapkan, pada Senin (13/1/2020)  terjadi peningkatan luar biasa dan mulai ada pasien yang dirawatinapkan di Puskesmas Lindu.

Pada Senin pagi itu ia bersama tim turun ke lokasi dan langsung melakukan tindakan. Sejauh ini sebutnya, satu orang meninggal dunia, 105 orang rawat jalan, 6 orang rawat inap, dan 2 orang pasien dirujuk.

Satu orangmeninggal itu  ungkapnya berusia lebih dari  60 tahun atau lansia dan diduga karena kemungkinan penyerta lainnya

Ia mengatakan, penyebab kasus diare ini bisa dipastikan, namun dari beberpa keterangan yang diperoleh, bisa jadi disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi bersama-sama pada sebuah acara pada Sabtu pagisebelumnya.

Saat ini lanjutnya, Dinkes Sigi dibantu oleh Dinkes Sulteng melalukan Pelayanan Siaga diLindu terkait peningkatan kasus diare itu. Pelayanan Siaga itu berlangsung  selama seminggu ke depan yang dilengkapi dengan dokter secara bergantian, sekaligus melakukan upaya promotif dan preventif agar kasus ini tidak semakin meluas..

Juga akan mengambil sampel untuk diperksa ke laboratorium kesehatan milik BPOM agar diperoleh data dukung penyebab kasus ini..

Soal logistik dan obat-obatan, ia menyebutkan dalam kondisi cukup. Kalaupun ada kekurangan akan dibantu Dinkes Sulteng, imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here