Tim SAR mengevakuasi Abunyo, warga Desa Taopa Utara yang dinyatakan hilang di gunung. Ia ditemukan di pinggir sungai, Kamis (19/12/2019) sore. (Foto: Humas Basarnas Palu)

PARIGI MOUTONG, beritapalu | Abunyo, korban yang dilaporkan hilang dan tersesat di gunung Desa Taopa Utara, Keamatan Taopa, Kabupaten Parigi Moutong pada Rabu (11/12/2019) lalu akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat pada Kamis (19/12/2019) pukul 15.20 wita.

“Korban ditemukan oleh masyarakat yang sedang melakukan pencarian. Saat ditemukan posisi Bapak Abunyo berada dipinggir sungai. Kebetulan saat itu tim yang melakukan pencarian juga mengarah ke sungai dan beruntung korban ditemukan disana,” terang Kepala Basarnas Palu Basrano, Jumat (20/12/2019).

Basrano menyebutkan, saat ditemukan korban lemas dan langsung diberikan makanan oleh tim. Awalnya, Abunyo hendak langsung dibawa pulang, namun menolak karena mengetahui kalau salah seorang warga lainnya, yakni Ase juga hilang karena sedang mencarinya.

“Abunyo tidak mau pulang sebelum Bapak Ace ditemukan. Akhirnya Abunyo ikut melakukan pencarian,” ujar Basrano lagi.

Jumat (20/12/2019), tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian  terhadap Ase dan berhasil ditemukan. Saat ditemukan, posisinya juga berada di pinggir sungai dengan jarak sekitar satu kilometer  dari lokasi ditemukannya Abunyo.

Korban kemudian dievakuasi dan dibawah ke rumah sakit dikarenakan kondisi korban lemas.

Diberitakan sebelumnya, Abunyo terpisah dan tersesat dari kelompoknya saat hendak berangkat menuju tambang emas di sungai Bengkel di wilayah Taopa, kec. Taopa Kab. Parigi.

Kepala Desa Taopa membentuk tim untuk melakukan pencarian terhadap Abunyo namun malang, salah seorang yaitu Ase yang ikut dalam tim pencarian itu juga terpisah dari rombongan dan dinyatakan hilang. (afd/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *