Seluruh Pos Basarnas Siaga Natal 2019 dan Tahun baru 2020

Apel Siaga yang dipimpin Kepala Kantor Pencarain dan Pertolongan (Basarnas) Palu, Basrano di Palu, Rabu (18/12/2019). (Foto: Humas Basarnas Palu/Fatma)

PALU, beritapalu | Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu menyiagakan seluruh Pos-nya untuk mendukung pelaksanaan perayaan Hari Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dalam apel siaga pada Rabu (18/12/2019), Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu Basrano menyatakan, Basarnas melaksanakan siaga SAR khusus Nataru yang bertujuan mewujudkan pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal, untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan natal dan tahun baru serta pemantauan kawasan wisata strategis secara profesional, sinergi dan militant.

Pada apel siaga yang digelar di halaman kantor Basarnas Palu itu, Basarnas mengatakan, kesiapsiagaan Basarnas dalam siaga SAR Khusus Nataru harus selalu ditingkatkan, baik koordinasi, kesiapan personil, serta peralatan dan keterampilan, untuk peningkatan kecepatan waktu tanggap (respon time) jika terjadi kecelakaan dan bencana.

Siaga Natal dan Tahun baru itu dimulai dari 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020.

“Ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah dalam memberikan rasa aman, nyaman dalam melaksanakan arus mudik maupun balik dalam rangka perayaan natal dan tahun baru,” sebutnya.

Daerah-daerah strategis khusus yang difokuskan Basarnas Palu adalah jalur transportasi laut dengan berkoordinasi dengan pihak maritim se Sulawesi Tengah, juga posko gabungan di Pantoloan.  Sedangkan di jalur transportasi darat pada lokasi-lokasi tempat wisata baik di pantai dan pegunungan.

Personil yang disiagakan mencakup personil yang berada di Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Personil Pos Pencarian dan Pertolongan Parigi Moutong, Pos Pencarian dan Pertolongan Luwuk, Unit Siaga SAR Morowali dan Unit siaga SAR Tolitoli. Selain personil juga kesiapan alut terdiri dari KN SAR Bhisma, 409, RIB (Rigid Implatable Boat), kendaraan SAR Darat, dan Rubber Boat. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here