Pembukaan Rakor Lintas Sektor Operasi Lilin TInombala 2019 di Gedung Torabelo Mapolda Sulteng, Rabu (18/12/2019). (Foto: Humas Polda Sulteng)

PALU, beritapalu | Menjelang Natal dan tahun baru 2020, Polda Sulteng akan menggelar operasi Lilin untuk pengamanan saat hari raya tersebut. Terkait itu, dilaksanakan rapat koordinasi lintas sektor di Gedung Torabelo Mapolda Sulteng, Rabu (18/12/2019).

Kapolda Sulteng diwakili Wakapolda Brigjen Pol Nurwindiyanto mengatakan, rapat Koordinasi dibutuhkan agar terjalin sinergitas antara kepolisian dengan stakeholder, antarinstansi serta komponen masyarakat untuk mewujudkan situasi yang aman, damai dan kondusif bagi warga yang merayakan Natal dan Tahun baru.

“Rapat koordinasi lintas sektoral ini merupakan momentum penting pergantian tahun yang melambangkan kehadiran harapan dan perubahan akan proses kehidupan seluruh umat manusia yang lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Wakapolda.

Dalam rapat koordinasi itu, beberapa hal dibahas di antaranya ancaman terorisme melalui pelaksanaan kegiatan dengan inventarisasi dan sterilisasi rumah ibadah, memaksimalkan upaya pencegahan terhadap penolakan kelompok tertentu terhadap adanya kegiatan ibadah keagamaan yaitu perayaan natal.

Pelaksanaan rapat koordinasi lintas sektoral juga untuk mengetahui kesiapan dan saling tukar informasi situasi terkini dari berbagai aspek, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi dan upaya pengamanan secara optimal.

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh Kabinda Sulteng Brigjen Pol I Nyoman Astawa, Gubernur Sulteng diwakili Kaban Kesbangpol Fahrudin, Danrem 132 Tdl diwakili Danlanal Palu  Mayor Sudarwanto,  unsur Forkopimda, para stakeholder instansi pemerintahan dan swasta, pimpinan gereja se-Sulteng, Kapolres jajaran Polda Sulteng dan para pihak lainnya.

Operasi Lilin Tinombala 2019 merupakan operasi Kepolisian terpusat yang direncanakan akan dilaksanakan dari tanggal 23 Desember 2019 sampai dengan 01 Januari 2020. (afd/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *