Danrem 132/Tadulako: Jaga Alam, Alam akan Jaga Kita

Sambut Hari Juang TNI AD, Tanam 3.000 Pohon

Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita menanam bibit pohon Mahoni di Hutan Kota Kaombona, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (12/12/2019). Korem 132/Tadulako menginisiasi penanaman 3.000 pohon di sejumlah lokasi sebagai bentuk kepedulian atas lingkungan sekaligus menyambut Hari Juang TNI AD yang diperingati setiap 15 Desember. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

PALU, beritapalu | TNI tidak melulu tentang militer. Buktinya, Hari Juang TNI AD (dulunya Hari Juang Kartika) yang diperingati setiap 15 Desember justeru disambut dengan kegiatan non militer, seperti yang dinisiasi oleh Korem 132/Tadulako, yakni penanaman 3.000 pohon.

“Kita peduli dengan alam, kalau kita menjaga alam, maka alam pun akan menjaga kita,” ujar Komandan Korem 132/Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita saat memberi sambutan pada seremonial penanaman pohon itu di Hutan Kota Kaombona, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (12/12/2019).

Danrem Agus Sasmita menyorot makin lunturnya budaya menanam dalam diri setiap komponen warga. Alhasil, begitu banyak bencana yang terjadi karena rusaknya lingkungan.

“Semoga aksi penanaman pohon ini mendorong semua pihak agar lebih peduli dengan alam dan lingkungan. Mari kita sanyangi alam,” ajaknya.

Personel TNI AD bersama Polisi menanam bibit pohon Mahoni di Hutan Kota Kaombona, Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (12/12/2019). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Ia juga berharap agar kegiatan penanaman pohon itu tidak hanya berakhir di seremonial, melainkan ditindaklanjuti dengan perawatan.

“Saya minta, pohon-pohon yang kita tanam hari ini dirawat dengan baik agar dapat tumbuh dengan baik,” pinta Danrem.

Selain di Hutan Kaombona Palu, penanaman pohon itu juga dilakukan di sejumlah lokasi lainnya seperti di Kelurahan Petobo Palu, Desa Pombewe Kabupaten Sigi, dan Kasimbar di Parigi Moutong. Pohon-pohon tersebut terdiri dari pohon pelindung dan peneduh jenis trembesi dan mahoni.

Selain penanaman pohon, sejumlah kegiatan sosial juga dilaksanakan menyambut Hari Juang TNI AD antara lain sunatan massal dan pengobatan gratis di Kabupaten Parigi Moutong. TNI juga membantu membersihkan puing-puing rumah akibat gempa di Palu.

“Kami tahu bahwa sebagian warga tidak memiliki kemampuan membersihkan sendiri puing-puing rumahnya yang rusak akibat gempa tahun lalu, karena itulah TNI mengambil bagian di dalamnya untuk membantu. Bantuan ini semata karena TNI adalah Kita,” ujar Danrem.

Sementara itu, seremonial kegiatan itu ditandai dengan penanaman pohon oleh Danrem 132/Tadulako, Ketua Persit Kartika Candra Kirana XX, Unsur Muspida Provinsi Sulteng, organisas pecinta lingkungan di Palu dan sejumlah pimpinan instansi. Hadir pula dalam acara itu Dan Denpom XIII/2 Mayor CPM Didik Kurniawan Wibowo. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here