Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo ( kiri) bersama Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (kedua kiri) memecahkan kendi menandai dimualinya pembangunan tanggl laut di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (24/11/2019). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

 

PALU, beritapalu | Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jhon Wempi Wetipo meresmikan dimulainya pekerjaan rehabilitas dan Rekonstruksi Pascabencana di Sulawesi Tengah, Minggu (24/11/2019).

Peresmian itu ditandai pemecahan kendi ke kendaraan penghampar aspal di ruas jalan nasional Trans Sulawesi, tepatnya di Jalan Imam Bonjol pertigaan ke Jalan Cumi-cumi Palu oleh Wamen PUPR bersama Gubernur Sulawesi Tengah Longky Djanggola.

Proyek-proyek itu antara lain sejumlah ruas jalan nasional dan jalan non-nasional, dan pembangunan tanggul laut sepanjang tujuh kilometer dari Silae hingga ke Penggaraman Talise.

“Pekerjaan itu meliputi rehabilitasi dan rekonstruksi ruas jalan nasional yaitu Tompe–Dalam Kota Palu–Surumana dan Jalan Non Nasional yaitu Palupi–Simoro, Kalukubula–Kalawara, Biromaru–Palopo dan jalan akses hunian tetap,” kata Kepala Satuan Tugas Penanganan Bencana PUPR Arie Setiadi Moerwanto dalam laporannya.

Selain proyek jalan itu, juga akan dilakukan penanganan jalan Teluk Palu dalam bentuk tanggul yang disebutnya sebagai tanggul Silebeta, atau singkatan dari nama wilayah Silae, Lere, Besusu Tengah dan Talise. Sejumlah pekerjaan infrastruktur berupa jalan dan jembatan juga turut dikerjakan, termasuk jembatan Palu IV yang ambruk tahun lalu.

“Saat ini Kementerian PUPR sedang melakukan pengolahan lahan dan penyiapan prasarana permukiman di Duyu, Pombewe, Tondo dan Talise; Rehabilitasi Daerah Irigasi Gumbasa Tahap 1 seluas 1070 Ha, Penyusunan Desain RR Kampus Universitas Tadulako, Kampus IAIN dan RSUD Anutapura, Desain Jembatan Palu IV, Jalan Logistik di Wisata Pantai Silebeta dan Ruas Jalan Kalawara-Kulawi, serta pembangunan Flyover Pantoloan,” beber Arie.

Saat ini, sedang berlangsung juga pelelangan proyek yaitu pembangunan bangunan pengendali debris Sungai Miu dan Sungai Bangga, pengadaan hunian tetap, RR Prasarana Pendidikan dan Kesehatan.

“Saya minta kesungguhan kita semua agar masalah pascabencana bisa cepat teratasi meskipun sebenarnya terasa lamban,” kata Gubernur Sulteng Longki Djanggola saat giliran memberikan sambutan.

Sementara itu, Wamen PUPR John Wempi Wetipo mengaku datang ke Palu untuk memastikan semua pekerjaan yang dicanangkan dapat dilaksanakan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat. (afd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *