Kasat Lantas Polres Palu IPTU Abdhi Hendriyatna (kiri). (Foto: Humas Polres Palu)

 

PALU, beritapalu | Menggelar hajatan sambil menutup jalan akan ditindak tegas oleh Kasat Lantas Polres Palu. Ya…! Semoga ini bukan sekadar gertak sambal. Penegasan ini disampaikan Kasat Lantas Polres Palu, IPTU Abdhi Hendriyatna, Senin (25/11/2019).

Menurutnya, banyak laporan dari warga terkait penutupan jalan itu. Ironisnya, ada beberapa hajatan, dan semua jalannya ditutup. Situasi ini menurutnya sangat merugikan pengguna jalan.

“Saya mengingatkan semua masyarakat Palu, terutama yang memiliki rumah di tepi jalan agar tidak mendirikan tenda di atas jalan raya. Bahkan sampai menutup total badan jalan dengan tenda. Jika hal itu terjadi maka pihak Lantas Polres Palu akan melakukan tindakan tegas,” tegas Abdhi.

Walau demikian, toleransi akan tetap diberikan jika warga mendirikan tenda hanya di setengah badan jalan yang dipakai atau ada jalan alternatif yang bisa dilalui kendaraan.

Ia menjelaskan pengertian Jalan Umum sebagaimana pasal 1 angka (5) Undang undang No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Jalan umum adalah jalan yang diperuntukkan lalu lintas umum. Dan Menurut kelompoknya jalan umum terdiri dari, Jalan Nasional, Jalan Provinsi, Jalan Kabupaten, Jalan kota, dan Jalan Desa.

Dalam pasal 128 ayat (1) 10 Pasal 129 ayat (1) Undang undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Aturan Jalan dijelaskan, bagi masyarakat yang hendak menggunakan jalan umum untuk kepentingan pribadi dapat diizinkan menurut aturan jika membuat jalan alternatif dan juga bertanggung jawab atas semua akibat yang ditimbulkan.

Kasat Lantas menyatakan, masyarakat harus memahami prosedur izin, jika izin keramaian bisa didapat di Polsek masing-masing, Sementara izin penutupan jalan utama harus izin dari Lalu Lintas.

“Izin keramaian dari polsek itu bisa, tetapi izin tutup jalan, harus izin sama kami selaku penanggung jawab Lalu Lintas secara resmi. Dan jika jalan utama yang ditutup saya tidak izinkan, namun jika jalan lorong ya silakan anda gunakan,” tegas Abdhi.

2 Comments

  1. Asal Yang butul…. Ditindak…🤭🤭🤭

  2. Pak kasat sebenarnya hak tentang penutupan jln itu ada pada dishub atau lantas ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *