Aroma Sedap Menyeruak di Festival Seafood 2019

Tim juri melakukan penilaian masakan peserta lomba memasak dalam rangkaian Palu Seafood Festival 2019 di Taman GOR Palu, Sabtu (23/11/2019). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

 

PALU, beritapalu | “Ini baru lomba memasak, baunya saja sudah mengundang selera,” begitu seorang warga, Karlina (33 thn) mengomentari lomba memasak makanan laut bertajuk Seafood Festival 2019 yang digelar Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulteng di Taman GOR Palu, Sabtu (23/11/2019).

Karlina sengaja datang ke festival itu karena selain baru pertama kali digelar, ia juga ingin tahu masakan apa saja yang diracik para peserta lomba memasak. Harapannya, dari beragam menu itu, ia bisa menduplikasinya untuk diterapkan di rumah tangganya.

“Saya termasuk pecinta seafood,” ujarnya.

Demikianlah, festival yang juga dihadiri Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bunga Elim Somba, Kadis Kelautan dan Perikanan Sulteng Arief Latjuba, dan Kadis Pariwisata Sutleng I Nyoman Sariadjijaya itu berlangsung. Sedikitnya 17 tim ikut serta dalam lomba memasak, baik mengatasnamakan lembaga maupun atas nama pribadi-pribadi.

“Mungkin masih terdapat kekurangan karena memang baru pertama kali dilaksanakan. Tapi yang penting kita sudah memulainya, dan mudah-mudahan berikutnya akan menjadi lebh baik lagi, apalagi sudah ada komitmen berbagai pihak untuk ambil bagian dalam festival seafood berikutnya,” ujar Ketua PHRI Sulteng, Fery Taula usai pembukaan festival tersebut.

Peserta menyelesaikan masakannya pada lomba memasak dalam rangkaian Palu Seafood Festival 2019 di Taman GOR Palu, Sabtu (23/11/2019). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Fery mengatakan, meski baru pertama kali digelar, tapi antusias masyarakat cukup antusias. Itu beralasan karena dalam festival itu bukan hanya lomba memasak, tapi juga praktik cara memasak dalam cooking class oleh chef Asril Suni yang juga Ketua Asosiasi Chef Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sulteng, Bunga Elim Somba mengaku sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan itu. Ia pun berharap agar kegiatan itu bisa lebih meriah di tahun depan dengan melibatkan pihak swasta dan meminta dinas terkait agar memberikan dukungan untuk festival yang sama tahun depan

“Festival ini sangat baik dalam memperkenalkan potensi ikan kita yang sangat melimpah,” kata Elim Somba.

Di bagian lain usai penilaian oleh tim juri atas seluruh sajian makanan yang dilombakan, giliran warga yang diberikan kesempatan untuk “icip-icip” masakan.

“Waoww.. ini enak sekali..,” ujar Karlina lagi yang sedari tadi menunggu kesempatan itu.

Berdasarkan penilaian oleh tim juri, ditetapkan tujuh pemenang pada lomba memasak makanan laut itu. Juara 1, 2 dan 3 masing-masing diraih oleh tim APJI Sulteng II, Persit Kartika Candra Kirana, dan APJI Sulteng I.

Sedangkan Juara Harapan 1, 2 dan 3 masing-masing diraih oleh tim Dharma Wanita Biro Umum Sulteng, Dinas Kesehatan Sulteng, dan Dinas Tanaman Pangan Sulteng. Sedangkan Juara Favorit diraih oleh Dinas Koperasi Sulteng. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here