PALU, beritapalu | Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menghadiri dan bahkan memimpin langsung upacara pengukuhan kenaikan tipologi Polda Sulteng dari tipe B ke tipe A di Mapolda Sulteng, Jumat (15/11/2019).

Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis (tengah) memeriksa pasukan saat memimpin upacara Pengukuhan Kenaikan Tipologi di Mapolda Sulteng di Palu, Jumat (15/11/2019). Tipologi Polda Sulteng dari tipe B sejak 1995 ditingkatkan menjadi tipe A untuk menunjang beban kerja, penguatan kapasitas organisasi, peningkatan dukungan sumber daya dan personel. ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Kehadiran langsung Kapolri itu bukan tanpa alasan, karena di tahun 2014-2016, Idham Azis adalah Kapolda di Sulteng.

“Makanya, sewaktu saya mendapat pemberitahuan soal kenaikan tipologi ini, saya menyampaikan kepada Kapolda Sulteng bahwa saya akan hadir langsung di upacara pengukuhan. Saya bukan orang asing di sini,” kata Kapolri Idham Azis saat memberi amanat dalam upacara yang dipimpinnya.

Pengukuhan peningkatan tipe ini berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor :Kep/1965/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang Perubahan Tipe Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah dari Kepolisian Daerah Tipe B menjadiKepolisian Daerah Tipe A.

Bertindak selaku Perwira Upacara Irwasda Polda Sulteng Kombes Pol Aries Syarief Hidayat  dan Komandan Upacara Dansat Brimob Polda Sulteng Kombes Pol Susnadi.

Pengukuhan kenaikan Tipologi Polda Sulteng itu juga ditandai dengan penyerahan Pataka Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah “Wira Dharma Brata” oleh Kapolri  kepada Kapolda Sulteng Irjen Pol  Lukman Wahyu Hariyanto.

Kapolri dalam amanatnya banyak menyampaikan , motivasi kepada seluruh personil jajaran Polda Sulteng untuk memberikan kinerja terbaiknya.

“Sejarah mencatat hamper sebagian besar pimpinan-pimpinan Polri lahir dari Polda Sulteng, semoga ini bisa menjadi motivasi bahwa dimanapun bekerja,  apabila memberikan yang terbaik kamu akan dipilih oleh Tuhan dano rganisasi,” ujarnya.

Kapolri berharap agar manah yang diberikan oleh Tuhan dan organisasi, tanggung jawabnya dapat juga seiring sejalan, dan bersemangat untuk memberikan pengabdian kepada masyarakat, semangat menaik akan komitmen dan integritas tertanam di dada masing-masing, bukan semangat untuk berkosnpirasi,” harapnya.

Menghadapi Pilkada 2020 di Sulteng, Kapolri juga meminta agar seluruh personil Polri netral dalam pelaksanaannya. 2020 mendatang.

“Pesan saya sebagai orang tua dan senior, kau tidak usah dimana-mana tapi ada di mana-mana, terjemahkan kata-kata saya. Artinya kau tidak boleh kiri-kanan, yakinkan kepada saya Kapolda dan para Kapolres berada di posisi netral,” ujarnya. (afd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *