Published On: Fri, Oct 25th, 2019

Kerajinan Buah Kelapa di Donggala yang Mulai Ditinggalkan

Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dikenal sebagai daerah penghasil kelapa. Bahkan dulu, Donggala dikenal karena pelabuhannya yang ramai dengan aktvitas bongkar muat kopra.

Kelapa bagi warga Donggala tak sekadar buah yang bernilai ekeonomis, tetapi juga bernilai seni. Selain kopra, minyak kelapa dan aneka penganan, kelapa juga oleh segelintir orang juga dimanfaatkan sebagai barang kerajinan.

Aneka koleksi barang seni menyerupai kepala orang dibuat dengan sentuhan artistik. Peminatnya cukup banyak, terutama para kolektor benda seni dari negara asing, bahkan kolektor ini kerap kali datang ke Donggala khusus untuk memburu benda ini.

Tapi itu dulu, kini kerajinan ini sudah mulai ditinggalkan. Tak banyak orang lagi yang menggelutinya, padahal potensinya cukup besar. Butuh sentuhan pemberdayaan untuk mengangkatnya kembali..

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: