Published On: Wed, Oct 23rd, 2019

PT Vale Raih Peringkat Ketiga pada Indonesia Green Company Award

JAKARTA, beritapalu | PT Vale raih peringkat ketiga dari 10 perusahaan dalam ajang Indonesia Green Company Award (IGCA) 2019 yang diselenggarakan oleh majalah SWA di Jakarta, Selasa (22/10/2019). Selain IGCA, juga diberikan anugerah SRI KEHATI Apreciation.

Senior Manager of Tax PT Vale Chandra Yudha (kedua kanan) menerima penghargaan dari Ketua Dewan Juri ICGA Emil Salim (kedua kiri) di Jakarta, Selasa (22/10/2019). (Foto: Istimewa)

Ketua dewan juri IGCA, Emil Salim mengatakan, ke-10 perusahaan itu dinilai telah melakukan beyond the call of business sehingga menjadi green company.

PT Vale dinilai dewan juri telah membangun dan tumbuh di tengah situasi yang sulit, yakni mudahnya pecah konflik lokal. Namun perusahaan konsisten merangkul masyarakat, setapak demi setapak. Penggunaan energi terbarukan tidak hanya diperuntukkan bagi Perusahaan semata, melainkan juga dinikmati oleh masyarakat.

Senior Manager of Tax PT Vale Chandra Yudha yang mewakili Perusahaan menerima penghargaan mengatakan, penghargaan itu menjadi tantangan PT Vale agar ke depan lebih baik lagi.

“Lebih daripada itu, prestasi ini berkat komitmen bersama, di semua lini dari atasan hingga bawahan,” tambah Chandra.

Chief Editor SWA Kemal Gani mengatakan, IGCA yang sudah berlangsung sejak 2012 diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai berkomitmen menjalankan triple bottom line. Selain menguntungkan secara bisnis, perusahaan berkomitmen membangun prinsip sustainability dan kehidupan sosial masyarakat yang lebih baik.

Penilaian IGCA mengacu pada Boston Consulting Group tentang green company, yakni principle, process, product & promotion. Ada empat lini yang dinilai, yakni komitmen (compliance, konsep, strategi, visi), langkah pelaksanaan, program keberlanjutan, dan hasil konkret.

Dewan Juri merupakan pakar kompeten serta kredibel di bidang lingkungan, yaitu Prof. Emil Salim dari Universitas Indonesia, Masnellyarti Hilman (pemerhati lingkungan hidup), Mas Achmad Daniri (Anggota Pengawas KEHATI), Prof. Eniya Listiani Dewi (Deputy Chairperson for IT, Energy and Material BPPT), dan Darwina Wijayanti (Sustainability & Capacity Building DW Consultant).

Sepuluh perusahaan yang terpilih telah melalui seleksi Indeks SRI KEHATI, penjaringan melalui sidang redaksi, presentasi finalis di depan panel juri, serta pleno dewan juri yang kemudian menetapkan 10 finalis dengan skor rata-rata minimal 70 yang berhak menyandang predikat Indonesia Green Company 2019.

“Tahun sebelumnya, PT Vale juga meraih predikat IGCA 2018 dan Green Concern 2017. Penghargaan ini menambah deretan prestasi PT Vale. Pada Juli lalu, PT Vale meraih Penghargaan Subroto di bidang Perlindungan Lingkungan Mineral dan Batubara,” terang Bayu Aji, Senior Manager Communications PT Vale. (afd/*)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: