Jarron Crump, Pebasket Pro Asal AS Coaching Clinic di Palu

0
309

SETELAH berkeliling ke sejumlah daerah di tanah air, pebasket professional asal Texas, Amerika Serikat, Jarron Crump akhirnya menginjakkan kakinya juga di Bumi Tadulako. Serupa dengan yang dilakukan di daerah lainnya di Indonesia yang dkunjungi, Jarron Crump juga melakukan coaching clinic gratis kepada para pecinta bola basket di Palu. Apa dan bagaimana itu dilakukan? Hajar Wisnu Dwiputra melaporkan untuk beritapalu.com dalam beberapa rangkaian foto cerita berikut ini.

(Foto: Hajar Wisnu Dwiputra)

Minggu (6 Oktober 2019), Jarron Crump sudah berada di Lapangan Basket GOR Reborn Kota Palu. Di tangannya sudah ada bola basket dan di depannya sudah berdiri sejumlah anak-anak dari berbagai kelompok umur. Sebentar lagi Jarron akan membagi ilmu dan pengalamannya bermain bola basket di banyak liga dan di banyak belahan dunia. Tips yang dibagikannya kepada anak-anak itu gratis alias cuma-cuma tanpa dipungut bayaran. Hal serupa juga dilakukan di setiap daerah di Indonesia yang dikunjunginya.

 

(Foto: Hajar Wisnu Dwiputra)

Jarron Crump memulai pelatihannya kepada anak-anak ditingkatan usia termuda dulu, lalu ke tingkatan di atasnya atau usia remaja. Tak sulit bagi Jarron untuk berkomunikasi dengan anak-anak itu untuk menularkan ilmu basketnya. Baginya, tanpa ujaran pun permainan basket bisa dipahami, karena bola bagai perasaan yang sedang dimainkan, bergulir, mental, lalu menerobos ke basket.

 

(Foto: Hajar Wisnu Dwiputra)

Anak-anak yang mengikuti pelatihan itu terlihat sangat antusias menerima setiap tips yang diberikan oleh Jarron Crump dan bahkan langsung menerapkannya di lapangan. Ini beralasan saja, karena kesempatan didatangi pebasket professional yang sudah malang melintang di berbagai liga basket dunia dan berbagi ilmu serta pengalaman merupakan hal yang langka.

 

(Foto: Hajar Wisnu Dwiputra)

Uppsss, seorang anak mendrible bola dan sekonyong-konyong langsung melompat dengan gayanya tanpa dikomando, sembari melemparkan bola ke basket. Sayang bolanya mental di papan. Jarron pun maju dan memberitahu teknik dasarnya yang benar. Anak itu pun manggut-manggut. Teknik drible bola itu adalah salah satu materi yang diajarkan Jarron.

 

(Foto: Hajar Wisnu Dwiputra)

Di kelompok usia remaja, Jarron Crump tak kalah gigihnya menyampaikan teknik dasar bermain bola basket. Tekanan dari Jarron adalah perlunya menanamkan fundamental bermain yang baik dan benar kepada setiap pemain. Ia bercerita tentang bagaimana landasan itu berpengaruh terhadap pencapaian prestasi di lapangan.

 

(Foto: Hajar Wisnu Dwiputra)

Selama coaching clinic itu, Jarron Crump beberapa kali mempertontonkan trik-trik dalam bermain basket, termasuk gerakan-gerakan akrobatik yang indah dan kerap kali mengecoh lawan. Salah satu gerakan akrobatik yang ditunjukkan adalah Slam Dunk. Saking eksotisnya, para peserta terkesima melihat pria berusia 27 ini melayang dengan gerakan tersebut.

 

(Foto: Hajar Wisnu Dwiputra)

Di sesi akhir kegiatan itu, Jarron Crump mengemukakan saran-sarannya untuk pengembangan olahraga bola basket di Palu. Salah satu yang digagasnya adalah pentingnya ada wadah pendidikan khusus untuk bola basket di Palu. Itu pula yang mengilhami dicetuskannya Palu Basketball Academy disingkat PBA. Ia berharap, wadah itu dapat benar-benar memainkan peran untuk menciptakan generasi pebasket yang mumpuni di daerah yang setahun lalu dilanda bencana ini. Akhirnya, Jarron Crump pun tidak menolak ketika diajak foto bersama para peserta menandai berakhirnya kesempatan langka itu. ***

 

Naskah dan Foto : Hajar Wisnu Dwiputra
Editor: Bsari Marzuki

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here