Komunitas Peduli Sesama 90 Tanam Mangrove di Pantai Mamboro

0
161

PALU, beritapalu | Kondisi pesisir Teluk Palu pascatsunami 28 September 2018 yang porak poranda mengundang keprihatinan banyak pihak, salah satunya dari Komunitas Peduli Sesama 90.

Aktivis Komunitas Peduli Sesama 90 menanam pohon bakau di pantai Mamboro, Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (5/10/2019). Penanaman mangrove itu merupakan rangkaian dari upaya merehabilitasi pesisir Teluk Palu yang rusak akibat terjangan tsunami 28 September 2018 lalu. bmzIMAGES/Basri Marzuki

Keprihatinan itu diwujudkan dengan menanam mangrove di salah satu titik di teluk itu, tepatnya di pesisir Pantai Mamboro, Palu Utara pada Sabtu (5/10/2019).

“Komunitas Peduli Sesama 90 memandang, penanaman mangrove di sepanjang pesisir pantai harus dilakukan, karena disinilah sumber penghidupan banyak warga, terutama yang bermukim di pesisir,” ujar Cicilia Kabo, Ketua Komunitas Peduli Sesama 90 di sela-sela kegiatan penanaman mangrove itu.

Menurut Cicilia, bencana memang tak bisa dihindari, namun ketika datang, tidak berarti berpasrah diri menerima apa adanya. Harus ada langkah kongkrit untuk menatanya kembali dan bangkit!!!

“Kita harus membantu kebangkitan saudara-saudara kita yang ditimpa bencana itu. Bantuan itu juga kami lakukan dengan mencoba merehabilitasi lingkungan yang rusak, seperti pantai ini dengan menanam mangrove,” jelas Cicilia yang saat itu didampingi Celestine.

Ia berharap, kelak mangrove itu dapat menjadi pelindung sekaligus pembentuk habitat baru bagi ekosistem yang ada di dalamnya, sehingga kehidupan warga yang berada di pesisir dapat pulih kembali.

Penanaman sekitar 1.000 bibit pohon mangrove itu diawali dengan sepatah kata oleh Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said yang juga menyandang sebagai Pembina komunitas tersebut.

Sebelum dilakukan prosesi penanaman, sejumlah relawan yang turut ambil bagian dalam kegiatan itu mendengarkan penjelasan teknis tentang tata cara menanam mangrove.

Sejumlah pegiat lingkungan juga hadir pada kegiatan itu seperti Hamzah Tjakunu dan Neni Muhidin. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here