Pameran Foto Setahun Bencana Sulteng Dibuka Wali Kota Palu

0
286

PALU, beritapalu | Wali Kota Palu Hidayat membuka pameran foto bertema “Sulteng Bangkit, Setelah Setahun Bencana” yang digagas Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu bersama LKBN Antara Biro Sulteng di Lapangan Vatulemo Palu, Kamis (26/9/2019).

Walikota Palu Hidayat (kanan) memotret para pewarta foto usai membuka Pameran Foto Setahun Bencana Sulteng di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (26/9/2019). Pameran foto bertema Sulteng Bangkit oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu bersama LKBN Antara Biro Sulteng itu menampilkan sejumlah foto-foto jurnalistik yang bernuansa menyemangati kebangkitan dan mitigasi kebencanaan. bmzIMAGES/Basri Marzuki

Pameran karya para pewarta foto Kota Palu ini juga dihadiri Kepala Divisi Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA)  Oscar Motuloh, Dandim 1306 Donggala Kolonel Inf Widya Prasetyo, dan Kepala LKBN Antara Biro Sulteng Rolex Malaha, serta Ketua PFI Palu Rony Sandhi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Hidayat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Yang ada kita lihat ternyata anak-anak masih bisa tertawa, dan aktifitas lain yang menunjukkan semangat masyarakat Sulteng, khususnya Kota Palu untuk bangkit. Ini sesuatu yang saya kira patut untuk diapresiasi,” sebut Hidayat.

Hidayat mengatakan, sudah seharusnya korban bencana di Kota Palu, Sigi dan Donggala mengubur segala kesedihan yang ada, namun tetap mengingatnya. Menurutnya bencana itu harusnya menjadi bahan introspeksi diri, berbuat baik karena masih diberikan kesempatan hidup di dunia ini.

“Ini yang kami inginkan, bagaimana lewat pameran ini, masyarakat bisa semangat untuk bangkit dan termotivasi. Jangan kacaukan pikiran saudara-saudara kita yang masih tinggal di tenda pengungsian atau Huntara dengan hal-hal yang malah membuka luka lama,” terang Wali Kota.

Oscar Matuloh di kesempatan tersebut mengaku Kota Palu dan sekitarnya mampu untuk bangkit kembali pascabencana. Oscar sendiri, juga turun langsung melakukan peliputan dan menyaksikan sendiri bagaimana Palu, Sigi dan Donggala luluh lantak tertimpa bencana.

“Saya lihat Kota Palu ini sudah semakin cepat untuk bangkit. Terbukti pula kawan-kawan saya para pewarta foto di Palu juga bisa bangkit dengan cepat dan memberikan semangat lewat pameran foto ini,” sebut Oscar, yang baru-baru ini dianugrahi gelar Empu Ageng Bidang Foto Jurnalistik dari Istitut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta .

Oscar juga memaklumi jika pelaksanaan pameran ini terdapat kekurangan, karena memang daerah ini termasuk para pewarta foto merupakan korban bencana. Namun semangat yang ditunjukkan para pewarta foto Kota Palu patut diacungi jempol.

“Saya sangat bangga melihat semangat rekan-rekan di Palu ini,” sebut Oscar yang sempat menggalang bantuan dana lewat penjualan buku foto berjudul “Lombok-Palu-Donggala Rev!val”.

Kepala Biro Antara Sulteng Rolex Malaha menyampaikan terimakasihnya kepada Pemerintah Kota Palu yang telah memberikan dukungan atas terlaksananya kegiatan tersebut. Dia berharap dukungan itu dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk mendukung segala karya-karya jurnalistik para jurnalis, termasuk wartawan foto.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Moh Rifki menyebutkan, foto-foto yang ditampilkan dalam pameran ini merupakan penggambaran kehidupan dan dampak visual pascabencana gempa bumi, tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi dan Donggala. Pameran ini menjadi wadah para jurnalis foto untuk mengembangkan hasil karyanya.

Di akhir seremoni pembukaan Pameran Foto, turut ditampilkan teatrikal dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Alkhairat (Unisa) Palu yang menggambarkan kepanikan warga Kota Palu saat bencana gempa dan tsunami menerjang. Tidak hanya Pameran Foto saja, kegiatan ini juga diisi dengan Diskusi Fotografi, yang akan menghadirkan Empu Ageng Oscar Motuloh sebagai narasumber, yang rencananya digelar Jumat (27/9/2019).

Usai pembukaan, Wali Kota pun berkenan memotret para jurnalis foto yang berpameran. (*/afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here