Setahun Bencana Sulteng, PFI Palu Bersama LKBN Antara Gelar Pameran Foto

0
148

PALU, beritapalu | Pewarta Foto Indonesia (PFI) Palu bekerjasama dengan Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara Biro Sulawesi Tengah akan menggelar pameran foto menjelang setahun bencana gempa, tsunami dan likuefaksi di Sulawesi Tengah.

Dari kiri ke kana: Ketua PFI Palu Rony Sandhi, Ketua Panitia Pameran Muh Rifki, dan Kepala Biro Antara Sulteng Rolex Malaha memberikan keterangan pers terkait rencana pelaksanaan pameran foto “Sulteng Bangkit” menjelang setahun bencana Sulteng di Kantor AJI Palu, Senin (24/9/2019). (Foto: Ridwan/AntaraSulteng)

Pameran yang rencananya akan digelar selama tiga hari mulai 26 hingga 28 September 2019 di Lapangan Vatulemo Palu itu akan menampilkan sejumlah karya foto yang direkam oleh anggota PFI Palu dan juga yang dibidik oleh wartawan Antara Foto sejak bencana 28 September 2018 hingga menjelang setahun sesudahnya.

Ketua PFI Palu Rony Sandhi pada press conference di Kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu, Senin (24/9/2019) mengatakan, pameran itu merupakan sarana bagi para jurnalis foto khususnya di Palu untuk menunjukkan hasil karyanya terkait bencana yang telah memporak-porandakan Palu dan sekitarnya.

“Kami tidak akan menampilkan foto-foto kengerian yang terjadi saat bencana itu melanda, namun foto-foto yang dapat menunjukan semangat masyarakat Palu, Sigi dan Donggala untuk bangkit setelah setahun bencana,” ungkap Rony Sandhi didampingi Ketua Panitia Pameran, Moh Rifki.

Sementara itu, Kepala Biro Antara Sulawesi Tengah Rolex Malaha mengungkapkan, pameran foto jurnalistik tersebut tidak akan menampilkan duka baru di tengah masyarakat, justeru sebaliknya akan menjadi penggugah untuk memicu semangat kebangkitan bagi semua sektor kehidupan masyarakat.

“Melalui karya foto jurnalistik ini, kita juga berharap akan menjadi dorongan bagi pemerintah dalam penanganan kebencanaan,” sebut Rolex.

Rolex menyebutkan, sejak terjadi bencana 28 September 2018 lalu hingga kini, LKBN Antara telah menyiarkan lebih dari 1.780 foto-foto yang terkait dengan bencana di Sulawesi Tengah dan foto-foto tersebut telah menyebar ke seluruh dunia.

Selain pameran, kegiatan itu juga akan diisi dengan diskusi foto jurnalistik bertema “Memotret di Lokasi Bencana” yang menghadirkan jurnalis foto senior Antara Oscar Motuloh. Diskusi itu dilaksanakan pada Jumat (27/9/2019) pukul 09.00 WITA di lokasi pameran.

“Saat bencana lalu, Oscar Motuloh juga ikut meliput dan bahkan menginisiasi penggalangan bantuan untuk korban bencana di Pasigala,” sebut Rolex. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here