Published On: Tue, Aug 27th, 2019

PRB Harap Ada Komitmen Bersama untuk Sigi Tangguh

SIGI, beritapalu | Tim persiapan  pembentukkan forum pengurangan risiko bencana (PRB) Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah mengharapkan para pihak untuk dapat berpartisipasi aktif dalam kongres pertama bertema Menuju Sigi Tangguh  pada 4 September 2019.

Rapat Tim persiapan pembentukkan forum pengurangan risiko bencana (PRB) Kabupaten Sigi, Senin (26/8/2019). (Foto: Abal)

Harapan itu disampaikan Asrul Repadjori sebagai  tim persiapan Forum PRB Kabupaten Sigi, Senin(26/8/2019).

“Forum PRB sebagai suatu paguyuban pemangku kepentingan dan para pihak bersama-sama berbagi kepentingannya dalam mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh bencana”, ujar Asrul Repadjori, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sigi.

Ia menambahkan, bahwa Forum PRB bertujuan untuk membangun rasa kesatuan, tanggung jawab bersama yang dapat mengkoordinasikan program-program pengurangan risiko bencana melalui berbagai aspek,  yang dibangun melalui proses inklusif yang melibatkan semua pihak.

Sementara itu Rustam Efendi, Akademisi Universitas Tadulako menjelaskan Pembentukan Forum PRB Daerah diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana pasal 8 yang mendorong pelibatan forum dalam penyusunan Rencana Aksi Daerah – Pengurangan Riskio Bencana (RAD-PRB).

“Didalamnya diatur bahwa anggota forum ini meliputi unsur dari dari pemerintah, masyarakat sipil, akademisi, lembaga usaha, media, dan komunitas internasional” paparnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan pembentukkan Forum Pengurangan Risiko Bencana Sigi (Forum PRB – SIGI), diharapkan dapat mendorong serta memfasilitasi kerjasama antar pihak dalam upaya pengurangan risiko bencana di Kabupaten Sigi serta mewadahi semua kepentingan terkait kebencanaan serta membantu menyelaraskan berbagai kebijakan, program dan kegiatan PRB di tingkat Kabupaten Sigi.

Fahmi Rahmatna, Koordinator DRR-Islamic Relief Worldwide di Indonesia dan Konsepsi mengatakan “ bahwa proses pembentukan Forum PRB-SIGI sudah dimulai sejak tanggal 9 Mei 2019, dan merupakan salah satu hasil rekomendasi dari kajian Indeks Ketahanan Daerah Kabupaten Sigi yang dilakukan oleh BNPB akhir tahun 2018”.

Fahmi mengharapkan Kongres I Forum PRB-SIGI ini dapat membangun sinergitas penyelenggaraan Penangulangan Bencana di Kabupaten Sigi dan menghasilkan penyelenggaraan penanggulang bencana di Kabupaten Sigi lebih terencana, terkordinir dan menyeluruh.

Islamic Relief Worldwide dan mitranya KONSEPSI telah mendukung kerja sama berbagai elemen stakeholder yang dimotori oleh BPDB Kab. Sigi untuk mempersiapkan terbentuknya forum ini mulai dari pembentukan dan pertemuan tim inisiator forum PRB, merancang  draft statuta forum dan konsultasi public draft statuta tersebut. Hingga pada tahapan terbentuknya tim panitia penyelenggara kongres pertama pada 4 September 2019 mendatang.  Beberapa stakeholder yang aktif terlibat dalam hal ini di antaranya ROA, Imunitas, Karsa Institut,Sikola Mombine,  Universitas Tadulako, SKP HAM,  Bapedda, Dinas Sosial dan lain-lain. (bal)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: