Published On: Sat, Aug 24th, 2019

Lima Penumpang KLM Garuda Jaya Ditemukan Selamat

PALU, beritapalu | Lima orang penumpang KLM Garuda Jaya yang mengalami kebocoran di perairan Taliabu, Halmahera Utara ditemukan dalam keadaan selamat. Demikian dikonfirmasi dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Basrano, Sabtu (24/8/2019).

Kapal milik Badan Pencarian dan Pertolongan KN SAR Bhisma bergerak menuju perairan Taliabu, Halmahera Utara untuk melakukan operasi pencarian KLM Garuda Jaya yang mengalami kecelakaan, Sabtu (24/8/2019). (Foto: Humas Kantor SAR Palu)

Basrano merinci identitas kelima penumpang selamat itu, masing-masing nahkoda Ali Sadi (36 thn), Kasman (62thn), Ali Kois (39thn), La bobi (36thn), dan Ali Tama (34thn). Kelimanya ditemukan di Pulau Sonit, Kecamatan Bokan, Kabupaten Banggai Kepulauan.

Sebelumnya, pada Sabtu pagi, Kantor SAR Palu menerima laporan terjadinya insiden kapal mengalami yang mengalami kebocoran pada saat kapal tersebut berlayar pada rute Luwuk-Taliabu.

Berdasarkan laporan yang diterima, insiden tersebut terjadi pada Jumat (23/8/2019) sekitar pukul 23.00 Wita dan dilaporkan ke Kantor SAR pada Sabtu (24/8/2019) sekitar pukul 10.10 WITA.

Laporan tersebut menyebutkan, KLM Garuda Jaya mengangkut penumpang sebanyak 14 orang termasuk di dalamnya sejumlah anak buah kapal. Kapal tersebut berwarna abu-abu dengan ukuran panjang 15 meter dan lebar 4 meter. Beratnya diperkirakan mencapai 22 gross ton.

Kapal tersebut berangkat dari Luwuk pada Kamis (22/8/2019) sekitar pukul 21.00 WITA dan diperkirakan tiba di Pelabuhan Tikon Taliabu pada pukul 15.00 Wita

Menerima laporan tersebut, tim rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Luwuk langsung diberangkatkan untuk member bantuan sekaligus evakuasi menggunakan KN SAR Bhisma dan peralatan pendukung lainnya.

Unsur SAR yang terlibat dalam itu masing-masing Tim Rescue Pos SAR Luwuk sebanyak 5 orang, ABK KN SAR Bhisma 7 orang, Polairud 5 orang, Koramil Tikong 4 orang, BPBD 2 orang dan 6 orang warga. (afd/*)

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

%d bloggers like this: