Gakkum KLHK Amankan Dua Truk Kayu Illegal di Mamuju

0
352

MAMUJU, beritapalu | Tim operasi gabungan Pos Gakkum Mamuju Seksi Wilayah II Balai Gakkum KLHK Sulawesi, KPH Karama, dan Polda Sulawesi Barat mengamankan dua buah truk pengangkut kayu yang diduga hasil illegal logging di lokasi yang berbeda yaitu di Desa Kinatang Kecamatan Bonehau dan di Jalan Nelayan Kabupaten Mamuju, Minggu (18/8/2019).

Petugas memeriksa muata kayu dari sebuah truk yang diduga hasil illegal logging di Mamuju, Sulbar, Minggu (18/9/2019). (Foto: Balai Gakkum KLH Sulawesi)

Dua pelaku juga diamankan masing-masing berinial R dan IJ. R adalah warga Desa Mamunyu Kecamatan Mamuju, sedangkan IJ warga Desa Tarailu Kecamatan Mamuju. Pelaku ditangkap saat melakukan pengangkutan kayu hasil pembalakan liar dari Bonehau untuk dikirim ke UD. Anoa di Ranas.

Proses penangkapan ini berawal dari hasil Pengumpulan Bahan dan Keterangan (Pulbaket) yang dilakukan oleh personil dari Pos Gakkum Mamuju Seksi Wilayah II Balai Gakkum KLHK Sulawesi. Tim dari Pos Gakkum Mamuju melakukan pemantauan dan pengintaian di sekitar lokasi sasaran. Di Desa Kinatang, Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju.

Tim operasi peredaran Pos Gakkum Mamuju membuntuti Truk Hino Dutro dengan Nomor Polisi DD 9972 XR yang bermuatan kayu yang dicurigai hasil pembalakan liar untuk mengamankan kendaraannya beserta barang bukti lainnya di Polsek Kota Mamuju.

Barang Bukti yang berhasil diamankan oleh Tim Operasi Peredaran antara lain berupa 100 picis/batang atau kurang lebih 8 m3 kayu bantalan berbagai ukuran, truk Hino Dutro dengan Nomor Polisi DD 9972 XR, satu lembar dokumen Nota Angkutan Hasil Hutan Kayu Budidaya yang Berasal dari Hutan Hak  Nomor : 12/DKP/DS-BN/VII/2019 tanggal 16 Agustus 2019 dengan tujuan pengangkutan ke UD. ANOA / Mardawiah Firman, dan satu lembar dokumen Daftar Kayu Olahan (DKO) tanggal 16 Agustus 2019.

Sekitar pukul 14.13, tim operasi gabungan berhasil menangkap tangan AF sebagai supir yang membawa truk Mitsubishi Fuso dengan Nomor Polisi DD 8935 KB dan kemudian menghubungi pemilik kayu bantalan tersebut a.n. SI untuk segera datang ke TKP. Kemudian tim membawa keduanya ke Polda untuk dimintai keterangannya lebih lanjut.

Proses penangkapan kedua ini berawal dari hasil Pengumpulan Bahan dan Keterangan (Pulbaket) yang dilakukan oleh personil dari Pos Gakkum Mamuju Seksi Wilayah II Balai Gakkum KLHK Sulawesi. Dari Pos Gakkum Mamuju melakukan pemantauan dan pengintaian di sekitar lokasi sasaran di Jalan Nelayan Kabupaten Mamuju. Tim operasi peredaran Pos Gakkum Mamuju melakukan pembuntutan Truk Mitsubishi Fuso Nomor Polisi DD 8935 KB yang bermuatan kayu yang juga dicurigai hasil pembalakan liar untuk mengamankan kendaraannya beserta barang bukti lainnya.

Penangkapan kedua ini mengamankan 250 batang kayu bantalan berbagai jenis ukuran, truk Mitsubishi Fuso Nomor Polisi DD 8935 KB, dan satu lembar dokumen Bukti Pelanggaran Lalu Lintas Jalan Tertentu atas nama Ahmad Fikri untuk truk merk Mitsubishi Fuso Nomor Polisi DD 8935 KB tanggal 15 Juli 2019.

Keempat pelaku baik yang ditangkap tangan di Desa Kinatang Kecamatan Bonehau maupun di Jalan Nelayan Kabupaten Mamuju yang diduga melakukan illegal Loging tersebut akan dijerat dengan Pasal 83 ayat (1) huruf b jo. Pasal 12 huruf e dan atau Pasal 88 ayat (1) huruf a jo. Pasal 16 Undang-Undang Nomor 18 tahun 2018 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan yaitu setiap orang dilarang Mengangkut, menguasai, atau memiliki hasil kayu yang tidak dilengkapi secara bersama-sama surat keterangan sahnya hasil hutan dan atau setiap orang yang melakukan pengangkutan kayu hasil hutan wajib memiliki dokumen yang merupakan surat keterangan sahnya hasil hutan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dengan ancaman pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama lima tahun serta pidana denda paling sedikit Rp500 juta dan paling banyak Rp2,5miliar.

Saat ini terlapor R, IJ, AF, dan SI sedang diproses dan diperiksa oleh PPNS Pos Gakkum Mamuju, Barang Bukti sementara dititipkan di Polsek Kota Mamuju dan di Polda Sulawesi Barat. PPNS Pos Gakkum Mamuju sedang berusaha melakukan pemeriksaan dan pengembangan terhadap kasus ini untuk mengungkap keterlibatan pihak lain yang diduga merupakan jaringan pelaku illegal logging.

Sementara itu Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Wilayah Sulawesi, Dodi Kurniawan SPt MH di tempat berbeda menyampaikan, terungkapnya kasus ini merupakan kerjasama dan sinergitas yang terbangun dengan baik antara petugas Pos Gakkum Mamuju, Polhut KPH Karama, Polda Sulawesi Barat dan masyarakat. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here