Praktisi Bisnis Beri Motivasi ke Kelompok Tani Hutan

0
156

PALU, beritapalu | Praktisi bisnis Karman Karim dihadapan peserta forum bisnis daerah yang dilaksanakan oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Dampelas Tinombo dalam program yang didukung oleh Forest Investment Program, Senin (5/8/2019) menegaskan jika mau sukses harus mau menghadapi kesulitan dan menghadapi tantangan.

Karman Karim saat memberi motivasi kepada kelompok tani hutan, Senin (5/8/2019). (Foto: Abal)

“Tidak ada yang langsung berhasil, pasti sekecil apapun menghadapi kesulitan dan tantangan, hanya saja pertanyaannya, mau atau tidak menjalani kesulitan dan tantangan itu,”tegas Karman Karim di hadapan peserta yang berasal dari kelompok tani hutan, perbankan, perwakilan pemerintah dan perhotelan serta pengusaha cafe di Palu.

Karman mengatakan produk-produk kelompok tani hutan berasal dari hasil hutan bukan kayu merupakan produk yang pasti bisa menembus pasar dengan ketentuan dan persyaratan seperti memiliki izin produk dari BPOM, PIRT atau dari Depkes sehingga lebih memperkuat produk untuk bisa meluaskan pasarnya.

Ia menambahkan bila perlu pemerintah mengambil peran melalui kebijakannya untuk membantu dalam menyerap produk-produk lokal agar bisa dimanfaatkan baik oleh pengusaha perhotelan, ritel dan bahkan oleh instansi pemerintah sendiri.

“Akan tetapi jika itu sudah dilakukan oleh pemerintah, pertanyaannya lagi bagaimana tingkat keberlanjutan produksinya sehingga memang diperlukan data dan informasi tentang kapasitas produksi agar kebijakan itu tidak sia-sia,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Karman Karim mengusulkan agar produk UMKM agar bisa dibeli secara tunai tanpa memakai sistem konsinyasi sehingga pengusaha kecil tersebut juga cepat dalam proses transaksi keuangannya yang berdampak pada perputaran modalnya karena jika tidak demikian maka hal ini selalu menjadi masalah bagi pengusaha kecil khususnya UMKM.

Pada kesempatan forum bisnis tersebut dilakukan pula penandatanganan kerjasama antara KPH Dampelas Tinombo dan Hotel Jazz terkait produk yang dihasilkan oleh KPH Dampelas Tinombo yang disaksikan oleh peserta dari perbankan, pengusaha, kelompok tani hutan dan perwakilan OPD Pemerintah Provinsi terkait. (bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here