Togean Resmi Jadi Cagar Biosfer Dunia

0
472

PALU, beritapalu |  Kepala Balai Taman Nasional Togean Bustang menyampaikan bahwa dalam pertemuan member state ICC MAB  UNESCO di Paris telah dideklarasikan penetapan Togean Tojo Una Una menjadi cagar biosfer bersamaan dengan Cagar Biosfer Saleh Moyo Tambora.

Pertemuan penetapan Togean sebagai salah satu cagar biosfr dunia di Paris, 19 Juni 2019. (Foto: ist).

“Pada Sesi 31st  ICC MAB di Paris, ditetapkan dan dideklarasikan dua Cagar Biosfer baru, dengan total luas 2.916.116 hektar,”sebut Bustang

Ia mengatakan dalam penetapan dan deklarasi dua Cagar Biosfer Togean Tojo Una Una dan Cagar Biosfer Saleh Moyo Tambora, dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Wakil Gubernur NTB, Bupati Sigi, Bupati Poso, Bupati Dompu, Bupati Bima, Walikota Bima, Bupati Sumbawa, Bupati Selayar, Bupati Kapuas Hulu, dan para Kepala Balai dan Balai Besar di wilayah cagar biosfer tersebut.

Bustang menyebutkan untuk Cagar Biosfer  Togean Tojo Una-una, di Kabupaten Tojo Una Una, Provinsi Sulawesi Tengah, dengan luas 2.187.632 hektar, bagian dari  C o r al  T ria n gle  A r e a , dengan rincian C o r e Z o n e (368.464 hektar), Buffer Zone (281.136 hektar), dan Transition  Z o n e (1.538.032 hektar) yang terdiri dari wilayah perairan seluas 1.053.630 hektar dan daratan seluas 484.402 hektar. Cagar biosfer ini merupakan keterwakilan ekosistem dan melindungi ekosistem pantai, padang lamun, dan terumbu karang terpenting di wilayah World Coral Triangle.

Ia menambahkan pada pertemuan Paris, 19 Juni 2019, pengembangan Cagar Biosfer adalah program utama dari Program Man and Biosphere (MAB) UNESCO yang dimulai pada tahun 1971. Fokus utama program adalah kehilangan biodversitas, perubahan iklim, dan pembangunan berkelanjutan.

MAB menyediakan bantuan melalui network khususnya dalam penelitian, pengembangan, peningkatan kapasitas, jejaring kerja dan berbagi informasi, pengalaman dan pengetahuan yang dihubungkan dengan tiga fokus utama tersebut. Pada tahun 2018, di seluruh dunia sudah terdapat 686 Cagar Biosfer di 122 negara, termasuk di dalamnya 20 Cagar Biosfer lintas batas negara. (bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here