Jelang Lebaran, Basarnas Gelar Apel Siaga SAR

0
189

PALU, beritapalu | Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu menggelar Apel Siaga SAR Lebaran dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H yang dipimpin oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu, Basrano SE MAP, Senin (27 Mei 2019).

Apel Siaga SAR yang dilaksanakan di halaman kantor BasarnasPalu, Senin (27/5/2019).(Foto: Humas Basarnas Palu)

Apel siaga SAR lebaran tersebut dimaksudkan untuk memantau kesiapsiagaan personil, sarana SAR serta peralatan SAR (SAR Darat, SAR Laut dan SAR Medis) yang disiapkan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Siaga SAR yang mulai dilaksanakan pada tanggal 28 Mei sampai 13 Juni 2019 (H- 8 s/d H+ 8 lebaran).

Untuk pelaksanaan Siaga SAR Lebaran Tahun 2019, personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu menyiapkan sedikitnya 103 personel yang dibagi dalam tiga regu dan akan melaksanakan siaga dan pemantauan secara bergiliran dilengkapi dengan Palsar Darat maupun Palsar Laut di Posko Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Pelabuhan Pantoloan.

Selain di Kantor pencarian dan pertolongan Palu sebagai posko utama, sebagai posko aju adalah Pos SAR dan unit siaga sar khususnya Pos Pencarian dan Pertolongan Luwuk, Pos Pencarian dan Pertolongan Parigi Moutong, Pos Pencarian dan Pertolongan Tolitoli dan pos Pencarian dan Pertolongan Morowali.

Disamping itu tim bentukan juga untuk posko mobile khususnya jalur Trans Sulawesi.

Kepala Basarnas, Basrano mengatakan, kesiapsiagaan itu untuk mendukung pelaksanaan arus mudik lebaran 2019. Basarnas juga melaksanakan siaga sar khusus arus mudik lebaran dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait (Polri, Perhubungan dan Pemda) dalam rangka pemantauan.

“Pada kegiatan kesiapsiagaan SAR angkutan lebaran, kita akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari Basarnas. Kita juga janganlah lengah bahwa tupoksi Basarnas tidak hanya terbatas pada siaga angkutan lebaran tapi juga masih banyak potensi kecelakaan diluar hal tersebut yang membutuhkan penanganan,” ujarBasrano.

Siaga angkutan lebaran tahun 2019 ini yaitu agar menjaga sikap yang sopan dan santun, baik dalam berkoordinasi dengan instansi terkait maupun apabila melaksanakan misi penyelamatan di lapangan. ikuti prosedur yang ada, tunjukan bahwa kita bekerja secara profesional, disiplin tinggi dan jangan lupa bahwa keselamatan juga merupakan faktor yang penting. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here