AJI-Google-Internews Gelar Pelatihan Cek Fakta bagi Jurnalis Palu

0
217

PALU, beritapalu | Google News Initiative (GNI) Training Network 2019 berkolaborasi dengan Aliansi Jurnalis Indpenden (AJI) dan Internews menggelar pelatihan cek  fakta bagi jurnalis di Kota Palu di Hotel Santika, 11 dan 12 Mei 2019.

Sejumlah wartawan dari berbagai media mengikuti Pelatihan Cek Fakta di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (11/5/2019). Pelatihan yang difasilitasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Google News Initiative (GNI) Training Network, dan Internews yang diikuti 25 jurnalis itu dimaksudkan untuk membekali pengetahuan kepada para wartawan tentang berbagai peralatan pengecekan fakta di media sosial sebelum dijadikan referensi dalam membuat berita. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Ketua AJI Palu, Mohammad Iqbal mengatakan, Palu terpilih menjadi daerah bagi pelatiha tersebut karena dinilai jumlah medianya, terutama online terbilang relativ sudah cukup banyak dan rentan dengan penyebaran berita tanpa verifikasi kebenarannya.

Bulan lalu hal yang sama juga digelar di Alinea.id dan di Pangkal Pinang dan hari ini dimulai di kota Palu.

“Ada 25 jurnalis terpilih dari kota Palu yang diundangmengikuti kegiatan ini,” sebut Iqbal.

Training ini akan membekali jurnalis dengan teknik-teknik dan alat-alat untuk melakukan cek fakta secara online.

Selama dua hari jurnalis akan berkutat membongkar cara memverifikasi akun media sosial, foto, atau video yang viral; mengecek lokasi dan waktu informasi yang beredar di Internet. Sesi terakhir adalah bagaimana melindungi diri dari pembajakan atau peretasan akun atau alat-alat teknologi yang dipakai jurnalis dalam bekerja.

Menurutnya, training ini adalah salah satu dari tiga kegiatan proyek GNI Training Network. Dua kegiatan lain adalah Training of Trainers dan Halfday Workshop. Training of Trainers sudah dilakukan bulan lalu, mencetak 40 trainer baru melengkapi 50 trainer yang sudah ada sebelumnya jadi total ada 90 trainer tersertifikasi Google.

Sementara Halfday Workshop adalah mini-training untuk pelajar, mahasiswa, blogger, dosen, dan umum yang berlangsung antara 3-4 jam.  (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here