Remappala Tanam 500  Pohon Mangrove di Teluk Palu

0
141

DONGGALA, beritapalu | Kelompok Pecinta Alam (KPA) Remappala tak ingin berdiam diri dalam upaya menyelamatkan Teluk Palu. Kelompok ini bahkan telah menanam sedikitnya 500 pohon mangrove di pesisir Kabonga, Kabupaten Donggala.

Warga berpartisipasi menanam pohon mangrove di pesisir Kabonga, Donggala, Minggu (28/4/2019). (Foto: KPA Remappala)

Direktur Eksekutif KPA Remappala, Afrizal mengatakan, penanaman itu sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, tepatnya pada 28 April 2019 lalu.

“Ini adalah salah satu bentuk kontribusi kami dalam menyelamatkan lingkungan Teluk Palu dan pesisir Donggala melalui perbaikan ekosistem mangrove berbasis masyarakat,” ujar Afrizal belum lama ini.

Ia mengatakan, penanaman bertema “Satu  pohon untuk seribu kehidupan” itu juga didukung penuh oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Donggala, Walhi Sulteng, Yayasan Merah Putih Sulteng, dan JKPP Bogor.

Sebelum penanaman mangrove, Afrizal mengaku telah melakukan pertemuan dan sosialisasi dengan segenap komponen masyarakat seperti pemerintah kelurahan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) setempat, Babinsa, KPA Rompi, KPA Matimpa,pelajar dan mahasiswa bahkan hingga Ketua RT di wilayah tersebut.

Ia bersyukur karena seluruh komponen masyarakat tersebut mendudkung sepenuhnya kegiatan tersebut dan ikut berpartisipasi langsung dalam penanaman sebagai wujud kesadaran tentang pentingnya perbaikan ekosistem pesisir.

“Partisipasi seperti ini yang kita harapkan, karena upaya ini tidak ada artinya jika tidak mendapat dukungan dari masyarakat, karena kelak, masyarakatini pulalah yangmenjaganya,” sebut Afrizal. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here