Jalur Trans Palu-Kulawi Dapat Dilalui Kembali

0
187

SIGI, beritapalu | Jalur yang menghubungkan Palu dengan Kulawi, Kabupaten Sigi atau Trans Palu-Kulawi yang putus total akibat banjir bandang pada 28 April 2019, kini sudah telah dapat dilalui kembali.

Kendaraan melintas di jalan trans Palu-Kulawi diDesa Tuva setelah dibersihkan dari material lumpur dan potongan kayu, Sabtu (4/5/2019).(Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Normalnya kembali jalur tersebut setelah Dinas Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Sigi dan Provinsi Sulteng dibantu anggota TNI/Polri serta para relawan berhasil membuka jalan baru di wilayah yang terputus jalannya.

Arus lalulintas kendaraan barang maupun penumpang di lokasi terlihat sukup padat, baik karena adanya distribusi barang maupun karena logistuik untuk bantuan bagipara korban bencana.

Sebelumnya, jalur yang terputus berada di Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi. Lalu beberapa ruas jalan juga tertimbun material lumpur di Desa Salua, Kecamatan Kulawi dan hanya bisa ditembus kendaraan roda dua.

Begitu pula di ruas jalan di desa Nemo, meterial lumpur yang tadinya memenuhi jalan, kinijuga sudah dibersihkan dan telah dapat dilewati kendaraan rida empat.

Bupati Sigi, Mohammmad Irwan Lapata membenarkan jalur Palu-Kulawi yang putus, kini sudah bisa dilewati kendaraan.

“Kalau hari-hari sebelumnya jalur itu hanya bisa dilewati kendaraan sepeda motor dengan melewati jalan baru yang dibuka oleh anggota TNI/Polri dan dibantu masyarakat lewat kebun-kebun kakao, tetapi kini kendaraan sudah bisa melintas di jalan, meskipun kondisinya masih sangat memprihatinkan,” kata dia seperti dikutip dari AntaraSulteng. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here