Festival Aren dan Hari Bumi di Oncone Raya

0
116

PARIGI MOUTONG, beritapalu | Desa Oncone Raya Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigimoutong menggelar festival aren yang dirangkaikan dengan peringatan hari bumi sekaligus memperkenalkan obyek wisata teluk Oncone dan kawasan mangrovenya.

Suasana Festival Aren diOncone Raya, Tinombo, Parigi Moutong,Minggu (28/4/2019). (Foto:Abal)

“Tahun lalu kami memperingati hari bumi dengan sangat sederhana, tapi tahun ini kami ingin memberikan perubahan bagi desa kami, tak sekedar memperingati akan tetapi juga dengan aksi menanam mangrove serta memperkenalkan produk-produk berbahan baku gula aren dalam sebuah kegiatan festival aren yang diikuti beberapa desa yang tergabung dalam Forest Investment Programme (FIP) II,” ujar Yasin, Kepala Desa Oncone Raya, Minggu (28/4/2019).

Yasin mengatakan, momentum festival aren sekaligus memperkenalkan obyek wisata Teluk Oncone dan kawasan mangrove yang merupakan kolaborasi pemerintah Desa Oncone dengan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Dampelas Tinombo, Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah melalui FIP II yang selama ini telah mendukung kelompok tani aren.

“Festival aren ini memang sangat sederhana akan tetapi telah memberikan manfaat  bagi masyarakat, sekalipun kurang lebih 20 jenis produk telah ditampilkan dan mendapat apresiasi dari Dinas Perindustrian Provinsi Sulawesi Tengah dan Dinas Koperasi serta UKM Kabupaten ParigiMoutong termasuk memberikan saran perbaikan utamanya dalam hal kemasan produknya,” sebutnya.

Terkait penyelenggaraan Festival aren dan peringatan hari bumi, Yakob sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten ParigiMoutong secara tegas mendukung kegiatan yang dinilainya merupakan salah satu inovasi desa yang cukup menarik dan maju sehingga ia pun menyarankan untuk bisa mengembangkan dan meningkatkan sarana yang akan mendukung penyelenggaraan festival.

“Saya minta kepala desa untuk menjadikan festival aren menjadi agenda tahunan desa agar produk-produk aren bisa dikenal sekaligus menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan ekonomi kecil di masyarakat yang memiliki potensi aren sekaligus memperkenalkan obyek wisatanya,”Pintanya.

Festival aren juga dirangkaikan dengan mengajak semua kalangan, baik anak-anak, remaja dan orangtua untuk bersama-sama menanam mangrove di sekitar obyek wisata teluk oncone raya yang bibitnya diperoleh dari kawan-kawan yang tergabung dalam Jaringan Arsitektur Indonesia (JARI) Sulawesi Tengah yang saat ini konsern dalam menggerakkan menanam mangrove. (bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here