Susul Sigi, Togean Bakal Jadi Cagar Biosfer Dunia

0
97

PALU, beritapalu | Togean, Kabupaten Tojo Unauna (Touna) pada Juni 2019 mendatang akan ditetapkan sebagai salah satu wilayah yang menjadi cagar biosfer dunia. Penetapan itu akan dilakukan dalam suatu sidang oleh The Man and Biosphere International Co-ordinating Council (MAB-ICC) UNESCO ke-31 di Paris, Perancis.

Aerial gugusam pulaudiKepu;auan Togean, Kabuapten Tojo Unauna. (Foto:BTNKT)

Selain Togean, Kabupaten Touna, pada sidang itu juga  akan mengukuhkan satu kawasan Cagar Biosfer baru lainnya di Indonesia, yakni Cagar Biosphere Tambora di Nusa Tenggara Barat.

Dengan pengukuhan itu, Sulawesi Tengah akan memiliki dua daerah cagar biosfer dunia, yakni di Kabupaten Sigi melalui Balai Taman Nasional Lore Lindu (BTNLL) dan Balai Taman Nasional KepulauanTogean (BTNKT).

Kepala BTNKT, Bustang menjelaskan, penetapan itu sesuai dengan nomenklatur yang diusulkan sejak Agustus 2018 lalu. Jika sudah ditetapkan, maka dipastikan seluruh kawasan di Kabupaten Tojo Unauna akan menjadi prioritas pengembangan promosi UNESCO di masa datang.

“Ini akan menjadi momentum bagi Pemda Tojo Unauna untuk membuktikan komitmen terhadap bidang pembangunan berkelanjutan kepada dunia internasional. Sekaligus menjadi peluang untuk ajang promosi keunggulan dan kekayaan sumberdaya alam dan budaya Tojo Unauna,” sebutnya.

Pengakuan dunia internasional itu diharapkan akan berdampak positif bagi peningkatan laju kunjungan wisata, peningkatan pembangunan daerah melalui pengembangan kerjasama nasional dan internasional baik di bidang pendidikan, kebudayaan, penelitian, konservasi dan pariwisata, ssrta pengembangan ekonomi masyarakat lokal.

“Selama pengusulan, Balai TNKT sangat intens berkordinasi dan bekerjasama membantu memfasilitasi dan mediasi dengan Program MAB UNESCO Indonesia sehingga dapat meringankan beban kerja stakeholdes di daerah,” lanjutnya. (wan/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here