Mal Tatura Palu akan Dibangun Kembali

0
1441

PALU, beritapalu | Setelah porak-poranda akibat gempa bermagnitude 7,4 pada 28 September tahun lalu, Pemerintah Kota Palu sebagai pemilik saham mayoritas akan membangun kembali pusat perbelanjaan modern pertama di Palu itu.

Alat berat membongkar rongsokan bangunan Mal Tatura Palu, Sulawesi Tengah, Senin (18/3/2019). (Foto: Basri Marzuki/bmzIMAGES)

Tak sekadar membangun kembali, luasannya juga akan ditambah dari 28 ribu menjadi 40 meter persegi. Begitu pula dengan lantainya bertambah menjadi lima lantai ke atas, dan dua lantai ke bawah sebagai basement.

Bagaimana dengan kosntruksinya? Direktur PT Citra Nuansa Elok (CNE) M Sandiri Memet seperti dikutip dari Kabar Sulteng Bangkit menjelaskan, ketahanan terhadap goncangan gempa adalah prioritasnya. Konstruksi mal itu dirancang tahan terhadap gempa sampai dengan 7 Skala Richter.

Sediikitnya tujuh ahli teknik bangunan dilibatkan dalam proses perancangan itu, termasuk desainnya yang juga memasukkan konten budaya lokal.

“Seluruh tim ahli akan mengkaji secara teknis dari seluruh aspek. Saat ini sedang berjalan,” katanya.

Saat ini proses pembongkaran bangunan lama sedang dilaksanakan. Ditargetkan, pembersihan itu akan selesai pada pertengahan Juni 2019 mendatang. Sedangkan target pembangunan kembali diharapkan dapat selesai pada pertengahan 2020.

Ia mengatakan, sejumlah tenant nasional sudah menyatakan kesiapannya untuk mengambil bagian jika mal tersebut sudah selesai dibangun kembali, seperti Starbucks dan Cinemaxx. (Hamdi/KabarSultengBangkit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here