Lima Desa di Lore Barat Poso Tandatangani PKS Bersama BTNLL

0
117

POSO, beritapalu | Desa Kageroa, Lengkeka, Tuare, Lelio dan Kolori merupakan lima desa yang berada di Kecamatan Lore Barat Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah  melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) kemitraan konservasi dengan Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BTNLL) dalam menjaga dan melestarikan kawasan konservasi.

Kepala Balai Besar TNLL Jusman bersama Direktur Kawasan Konservas Diah Murtiningsih pada penandatanganan PKS dengan 5 kepala desa di Lore Barat, Poso, Sulteng, Jumat (15/3/2019). (Foto: Abal)

Penandatanganan itu dilakukan lima kepala desa di Lembah Bada bersama Kepala Balai Besar TNLL Jusman yang dihadiri oleh Diah Murtiningsih, Direktur Kawasan Konservasi pada Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Kepala Sub Direktorat PKS berlangsung di DesaKageroa, Jumat(15/3/2019).

Pada kesempatan itu, Diah Murtiningsih menyampaikan kesepakatan kerjasama antara masyarakat dengan Balai Besar TNLL untukmengolah dan menjaga bersama kawasan konservasi Cagar Biosfer Lore Lindu yang kini menjadi paru-paru dunia.

“Ini merupakan suatu program untuk membangun pengelolaan kawasan konservasi bersama dengan masyarakat yang ada di sekitarnya,” ujarnya.

Ia mengakui bahwa kawasan konservasi harus memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga akses itu diberikan kepada mereka. Selama ini masyarakat telah merasakan manfaat darikawasan konservasi yang ada di sekitarnya dan olehnya mereka akan memeliharanya.

Diah menegaskan perjanjian kerjasama kemitraan konservasi yang telah ditandatangani lima kepala desa dengan Kepala Balai BesarTNLL dapat memperkuat dan meyakinkan bahwa kawasan konservasi yang ada di  Lore Barat akan tetap terjaga kelestarian hutan dan alamnya.

Kegiatan penandatanganan PKS tersebut disambut dengan meriah oleh segenap masyarakat di Lore Barat dengan penyambutan secara adat dan pertunjukan music bamboo khas masyarakat lembah bada. (bal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here