Solidaritas Palu untuk Kaum Muslim di Selandia Baru

0
334

PALU, beritapalu | “Kami tidak takut! Jangan kamu kira kami takut dengan aksi yang kau pertontonkan itu. Justru aksi bodohmu itu kian menguatkan solidaritas kami. Kamu tahu, saudara-saudara kami yang kamu bantai itu berada di jalan syahid. Takbir…!”

Sejumlah mahasiswa melakukan aksi solidaritas untuk muslim Selandia Baru di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (16/3/2019). (Foto: Basri Marzuki/bmzIMAGES)

Begitu penggalan kalimat yang diujarkan salah seorang orator dalam aksi Solidaritas untuk Muslim Selandia Baru yang digelar sejumlah organisasi kemahasiswaan di bundaran Jam Kota Palu, Sabtu (16 Maret 2019) sore.

Aksi yang diikuti puluhan mahasiswa dan mahasiswi itu mengutuk keras aksi pembantaian yang dilakukan oleh Brenton Tarrant di masjid Al Noor dan Linwood, Kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019). Laporan sementara, korban tewas akibat pembataian itu berjumlah 49 orang.

Tak hanya menggelar orasi sembari membawa spanduk dan pamphlet, aksi itu diawali di depan masjid  Alkhairaat, kemudian melakukan long march ke pertigaan jalan Sudirman-Mohammad Hatta (Jam Kota).

“Ini bukan hanya soal agama, tetapi juga soal kemanusiaan kita. Tak ada agama yang mentolerir aksi biadab seperti ini,” teriaknya.

Sementara itu, pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Komunikasi telah mengeluarkan edaran berisi imbauan agar konten video kekerasan yang disiarkan secara live saat aksi itu dilakukan tidak disebarluaskan, terutama di media social.

Di bagian lain, Ketua Umum Pimpinan Pusat Syarikat Islam, Hamdan Zoelva meminta agar otoritas Selandia Baru memproses hukum pelaku brutal itu dan menjatuhkan hukuman berat.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu mengimbau kepada umat Islam di Indonesia agar tetap tenang dan tidak terprovokasi.

Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Maneger Nasution mengatakan, aksi itu adalah aksi terorisme.

“Terorisme itu musuh agama dan kemanusiaan. Karena itu siapa pun pelaku teror, ia adalah musuh agama dan kemanusiaan,” kata Maneger Nasution dilansir detik.com. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here