Kampanye Kabar Baik dari Poso

0
209

POSO, beritapalu | Merayakan 10 tahun berdirinya Institut Mosintuwu, sebuah organisasi masyarakat akar rumput yang bekerja untuk perdamaian dan keadilan di Poso menginisiasi gerakan bertajuk kampanye Kabar Baik dari Poso.

Warga turun dari perahu yang mengangkutnya melintasi Danau Poso di Sangelle, Posulemba, Poso, Sulawesi Tengah, Senin (1/9/2014). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

“Ini adalah gerakan bersama masyarakat Poso untuk mengkampanyekan wajah Poso yang unik dan berbeda dari yang biasanya digambarkan oleh orang luar,“ kataLian Gogali, direktur Institut Mosintuwu dan penggagas kampanye  tagar #kabarbaikdariposo

Menurutnya, Poso memiliki banyak cerita menarik antara lain kebudayaan gotong royong bertani atau membangun rumah yang disebut mesale, atau kisah inspiratif muslim dan kristen yang saling menolong satu sama lain.

Belum lagi katanya keindahan alam di Kabupaten Poso yang sangat unik dan berasal dari jaman purba.

Kepala Museum Sulawesi Tengah, Iksam membenarkan keunikan sejarah kebudayaan di Kabupaten Poso itu. Itu terlihat dari keberadaan megalitihum di Lembah Bada. Bahkan, Danau Poso adalah salah satu danau purba di dunia.

Terkait kampanye Kabar Baik dari Poso itu, Institut Mosintuwu juga meluncurkan 10 cerita perempuan Poso yang bekerja di bidang ekonomi, pendidikan, perlindungan perempuan dan anak, wisata serta mempengaruhi politik di desa di sosial media.

“Diharapkan kampanye ini diikuti oleh  pengguna sosial media lainnya di Kabupaten Poso dengan ciri khas mereka masing-masing,” harap Lian.

Menurutnya, kampanye ini bukan hanya berfungsi menghilangkan ketakutan orang tentang berkunjung ke Poso, tetapi terutama membangun kepercayaan diri orang Poso atas kekayaan kebudayaan dan keindahan alam yang dimilikinya.

“Ini akan mendorong inisiatif dan kreativitas untuk membangun Kabupaten Poso yang berakar pada pengetahuan lokal,” imbuhnya.

Sebelumnya, kampanye kabar baik dari Poso, sudah dilakukan oleh sekelompok petani dan nelayan yang bergabung dalam Aliansi Penjaga Danau Poso bersama dengan para ahli geologi, antropologi, teolog dan limnologi dalam perjalanan Ekspedisi Poso.

Ekspedisi Poso adalah sebuah penelusuran keanekaragaman budaya, alam serta potensi bencana di Kabupaten Poso. Kampanye tentang Poso yang unik juga sudah dimulai oleh anak-anak muda Poso di sosial media. (afd/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here