Pegadaian Kampanyekan Stop Penggunaan Plastik

0
115

PALU, beritapalu | PT. Pegadaian (Persero) ikut ambil bagian dalam kampanye stop penggunaan plastik. Tak kurang dari Direktur Utama perusahaan plat merah tersebut, Kuswiyoto menyerukan hal itu.

Seorang relawan gadai menunjukkan selebaran kampanye stop pemakaian plastik usai peluncuran Bank Sampah The Gade Clean & Gold di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (6/3/2019). (Foto: Basri Marzuki/bmzIMAGES)

“Kalau pun masih ada plastik, kumpulkan lalu bawa ke Bank Sampah Pegadaian, nanti kami hargai dengan tabungan emas,” kata Kuswiyoto pada seremoni peluncuran Bank Sampah Pegadaian bergelar The Gade Clean & Gold di Kelurahan Duyu, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (6 Maret 2019).

Menurutnya, sampah plastik sudah sangat mengkuatirkan. Kontribusinya terhadap kerusakan lingkungan cukup besar dan bahkan bisa mengontaminasi kesehatan manusia.

“Makanya kami sangat concern dengan hal ini, dan kami mendirikan bank sampah ini sebagai bentuk kekuatiran itu,” terang Kuswiyoto.

Bank sampah yang dilengkapi dengan mesin pengolah sampah plastik itu akan di bangun di 54 kota di seluruh Indonesia. Di Kota Palu, adalah kota ke 17.

Lebih rinci soal bank sampah, setiap kilogram sampah plastik akan dihargai sebesar Rp6.000 per kilogram. Nilai itu jauh lebih besar hampir tiga kali lipat dari harga di pedagang pengumpul yang hanya berkisar Rp2.000 per kilogram.

Namun demikian, kompensasi rupiahnya tidak dalam bentuk uang tunai, melainkan tabungan emas. Artinya, jika ingin jumlahnya lebih besar, maka jumlah sampah plastik tersebut ditabung dulu dama bentuk emas yang nantinya dapat dicairkan setelah jumlahnya cukup memadai.

Bank sampah itu terbuka untuk seluruh warga. Mereka yang bergabung dalam komunitas akan lebih menguntungkan karena jumlahnya akan lebih banyak.

“Ini adalah bentuk kepedulian sekaligus sumbangsih bagi kebersihan daerah kita di Palu. Kita berharap, kota kita ini akan bebas sampah, terutama sampah plastic,” harapnya.

Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said atau yang akrab disapa Pasha Ungu mengapresiasi langkah Pegadaian tersebut. Sdikit banyaknya kata Sigit, akan membantu dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan member nilai tambah bagi masyarakat.

Sebagai wujud rasa terima kasih atas keterlibatan itu, Sigit berduet dengan Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mendendangkan “Demi Waktu”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here