Pisah Sambut Kapolda Sulteng Berlangsung Haru

0
467

PALU, beritapalu | Seremoni pisah sambut pejabat lama ke pejabat baru Kapolda Sulteng yang dilaksanakan di Mapolda Sulteng, Senin (4 Februari 2019) menjelang sore berlangsung dalam suasana haru.

Pejabat lama Kapolda Sulteng Brigjen Pol Brigjen Pol. Ermi Widyatno berasma istri melwati Pedangpora pada Farewell Parade di Mapolda Sulteng di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (4/2/2019). Kapolda Sulteng yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen Pol Ermi Widyatno resmi digantikan oleh Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kaltim. Ermi Widyatno selanjutnya menjabat sebagai Karo Opsnal Baharkam Polri. (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Isteri pejabat lama Ny. Ermi Widyatno yang terus berada disamping pejabat lama Brigjen Pol. Ermi Widyatno tak kuasa menahan air mata sesaat prosesi lepas sambut itu berlangsung.

Sesekali Ny. Ermi terlihat menyeka air matanya tepat ketika prosesi jabat tangan dengan seluruh personel Polda Sulteng yang telah berdiri mengililingi markas kepolisian itu. Sesekali pula, ia memeluk personel Polda itu, utamanya para Bhayangkari yang hadir dalam acara itu.

Prosesi itu memang sudah menjadi tradisi di Polda Sulteng setiap dilakukan pisah sambut pejabat lama dengan pejabat baru. Didahului dengan serah terima pataka Polri dilanjutkan dengan Pedangpora.

Serah terima itu berlangsung antara pejabat lama Brigjen Pol. Ermi Widyanto kepada pejabat baru Birgjen Pol. Lukman Wahyu Hariyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Timur. Ermi Widyanto sendiri mendapat promosi sebagai Kepala Biro Operasional Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri.

Pejabat baru Kapolda Sulteng Brigjen Pol Lukman Wahyu Hariyanto (kiri) bersama pejabat lama Brigjen Pol. Ermi Widyatno memberikan penghormatan pada Farewell Parade di Mapolda Sulteng di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (4/2/2019). (Foto: bmzIMAGES/Basri Marzuki)

Pergantian pejabat itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/188/I/KEP/2019 tertanggal 22 Januari 2019. Serah terima jabatan keduanya dilakukan di Mabes Polri pada 24 Januari 2019.

“Ini adalah waktu yang tepat bagi saya dan keluarga untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi, kekompakan, keharmonisan dan kebersamaan serta dukungan rekan-rekan personel Polda Sulteng selama saya bertugas,” ujar Ermi dalam sambutannya.

Menurutnya, selama perjalanan pengabdian di Polda Sulteng dukungan itu sangat berarti baginya, sehingga dapat menyelesaikan tugas sebagai Kapolda Sulteng dalam rangka memelihara kamtibmas dan menegakkan hukum dengan sebaik-baiknya guna memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat di Sulteng.

“Permohonan maaf juga saya sampaikan apabila dalam memimpin Polda Sulteng ada hal yang kurang berkenan, tapi yakinlah bahwa hal tersebut tidak lahir dari keinginan pribadi, melainkan untuk keberhasilan Polda Sulteng dan jajaran,” kata Ermi lagi.

Ia berharap agar dukungan dan loyalitas yang sudah ditunjukkan itu dapat dilanjutkan kepada pejabat Kapolda Sulteng yang baru.

Sementara itu, pejabat baru Kapolda Sulteng Brigjen Polisi Lukman Wahyu Hariyanto berharap agar estafeta kepemimpinan ini dapat menjaga kesinambungan serta keselarasan berbagai kebijakan program promoter Kapolri yang telah, sedang dan akan terus berjalan dalam upaya menuju Polri yang profesional, modern dan terpercaya.

“Melalui kebersamaan yang dibangun dan kerjasama solid, seberat apapun tugas dan hambatan dihadapi akan dapat diatasi, sehingga akan dirasakan manfaat dan faedahnya oleh masyarakat,” sebutnya. (afd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here