Rumah Zakat Resmikan 200 Hunian Sementara di Palu

0
112

PALU, beritapalu | Rumah Zakat meresmikan 200 unit hunian sementara (Huntara) bagi warga penyintas bencana di Kelurahan Talise Valangguni Kecamatan Mantikulore Kota Palu, Selasa (22 Januari 2019).

Peresmian Huntara Rumah Zakat di Talise Valangguni, Palu, Senin (22/1/2019). (Foto: Iwan Lapasere)

Menurut Didi Sabir, Strategic Partnership Division Head, Rumah Zakat donasi pembangunan 200 hunian sementara untuk korban gempa, tsunami, dan likuifasi di Palu ini berasal dari berbagai sumber donasi,  baik itu lembaga maupun individu.

Hunian sementara ini dibangun diatas tanah seluas kurang lebih 1 hektar milik  Daeng Malatu Dg Palewa (78) yang meminjamkan tanahnya untuk dibangunkan huntara tanpa sewa tanah.

Daeng Malatu Dg Palewa mengatakan kalau tanah ini sudah dikuasainya sejak tahun 1966, dulunya pernah menjadi kebun tapi sekarang ini tidak lagi. Sebagian sudah dijual dan telah dibangun perumahan oleh pihak pengembang.

“Saya ini sudah tua, untuk apa lagi tanah seluas ini mau diolah. Semua lokasi ini sudah dibagi-bagi untuk anak dan cucu saya,” kata Daeng, pensiunan guru SDN 15 Palu ini.

Sementara itu, Imran Lataha Asisten II Pemerintah kota Palu memberikan apresiasi kepada Rumah Zakat dan para donaturnya yang telah membantu pemerintah untuk membangun Huntara di kelurahan Talise Valangguni.

“Setelah selesainya pekerjaan bangunan fisik ini ditempati oleh para penyintas, maka perlu pula untuk memperhatikan pelayanan kepada para ibu hamil dan keluarganya,  lansia dan anak anak,” sebutnya.

Pembangunan 200 hunian sementara ini adalah hasil sinergi dan kebaikan dari berbagai donatur Rumah Zakat seperti diantaranya,  APBI, ASN Kota Bandung, Indonesian, Muslim Association in Hong Kong, Indra Muhamd Anwar, Komunitas Buka Lapak, LAZ YAPIDH, MT Telkomsel Palu, Muhammad Wahid Sutopo, Outbox Malaysia, PHBI PTN VII, PT Dompet Anak Bangsa, PT JTI Indonesia, PT Relife Graha Development, PT Telkomsel Medan, SDIT Insan Kamil, Sigit Djokosoetono, SMA PGII, UPZ PLN Persero P3B Sumatera, Yayasan Dana Kebajikan Dana Muslim Indonesia, DKM AHM, DKM Habiburrahman PT DI, FKWMC, H. Tria Belitonito AB, Human Concern International, IKA FK UNPAD, Madinah Asia Foundation, Musa’adah Community, Pengajian Edmonton, Pt Shopee International Indonesia, Relawan Nusantara Cikarang, Steak Hotel By Holycow (PT Ahara Bhadranaya Indon), Verein Percikan Iman, Warga Ujung Berung, Winda Brown, KRN & KAMMI Ambon, Afit Dwi Purwanto (Holycow Danadipa Indonesia), Masjid Asy-Syfa Pondok Alam, dan Harian Umum Republika.

Kedepan sinergi Rumah Zakat dan para donoatur akan terus dilanjutkan untuk dapat menambah 300 hunian sementara lagi. Sehingga total hunian sementara yang terbangun sebanyak 500 buah.

Rumah Zakat juga terus membuka peluang donasi untuk dapat lagi membagikan lebih banyak kebaikan bagi Indonesia dan dunia kedepan melalui berbagai program kemanusian dan pemberdayaan yang dijalankan oleh Rumah Zakat. (wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here